Selasa, 08 Agustus 2017

Seperti Apa Jenis Batu Bacan Termahal di Indonesia?

Jenis Batu Bacan Termahal - Batu bacan adalah merupakan salah satu hasil tambang batu yang dihasilkan oleh masyarakat Bacan Indonesia. Hasil tambang ini saat ini mulai banyak dicari orang karena memiliki warna yang sangat menarik. Selain warna, masyarakat kita juga mempercayai adanya kekuatan lain di dalam batu permata tersebut. Jenis Batu bacan termahal yang dihasilkan oleh para penambang memiliki jenis yang berbeda-beda. Mulai dari warna hingga kualitas, batu ini memiliki ciri khas yang tidak dimiliki satu sama lainnya kecuali unsur pembentuknya. 
Untuk memiliki batu bacan, Anda mungkin perlu mengetahui terlebih dahulu bahwa bacan memiliki dua jenis. Yaitu bacan Doko dan bacan Palamea, sebenarnya kedua nama ini di ambil dari nama daerah untuk menambang, yaitu Doko dan Palamea. Jenis batu bacan termahal bisa saja berasal dari kedua daerah itu, karena mahal atau tidaknya batu tergantung pada kualitas yang dimiliki batu. Kualitas tersebut di dapatkan dari jenis fosil pembentuk dan lama proses pembentukannya. Jenis batu bacan termahal bisa dilihat dari kualitas bahannya, sehingga seseorang yang ingin memburu permata ini hendaknya mengetahui dengan pasti kandungannya.

Batu bacan dulunya tidak bayak dikenal oleh masyarakat luas, namun batu mulia ini justru menjadi terkenal setelah SBY memberikan kenang-kenangan untuk Obama. Setelah hari itu, orang mulai berburu dan ingin memiliki cincin yang sama dengan Obama. Sebelum menjadi terkenal, dahulu permata ini memiliki nilai jual yang tidak semahal ini. Namun ketika banyak orang yang membutuhkannya, maka batu Obi menjadi jenis batu bacan termahal. Jika Doko dan Palamea memiliki warna khas hijau, maka batu bacan Obi ini memiliki warna khas merah seperti rubi. 

Kelangkaannya ini yang hingga saat ini menjadi salah satu penyebab mahalnya batu bacan. Batu bacan obi tidak hanya menarik, namun juga diyakini memiliki kekuatan magis. Ini tentu saja salah satu upaya yang dilakukan penjual untuk menarik pembeli. Tidak hanya batu bacan Obi, batu bacan Doko dan bacan Palamea juga diyakini dapat menolak bala bagi sang pemakai. Jika orang luar negeri mencari batu ini karena takjub akan keindahannya, maka orang Indonesia mencarinya karena percaya pada hal-hal mistis ini. Hal ini juga menjadi salah satu penyebab jenis batu bacan termahal.

Meskipun sama hijau atau sama merah, namun batu bacan tidak sama dalam hal kualitas. Batu bacan yang banyak dicari orang dan harganya sangat mahal adalah batu bacan yang batunya telah bersih pengapuran. Cirinya adalah ketika disenter batu ini akan transparan. Untuk batu ini harganya bisa sampai 2.5 juta rupiah. Bahkan harga batu bacan tersebut bisa sampai 150 juta saat di jual, untuk batu ini memiliki warna rata-rata hijau. Namun jenis batu bacan termahal di Indonesia pernah mencapai hingga 700 juta.