Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 4 Subtema 1 Pembelajaran 2 Halaman 10, 11, 12, 13, 14, 15, 17 - Kunci jawaban buku siswa tematik Tema 5 Pahlawanku subtema 1 Perjuangan Para Pahlawan kegiatan pembelajaran 2 kurikulum 2013 edisi revisi 2017. Semester 1 ini kakak buat khusus untuk siswa kelas 4 yang saat ini sedang mengerjakan tugas-tugas sekolah.
Semoga Jawaban Kelas 4 Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 2 ini dapat membantu siswa/peserta didik dalam mengerjakan soal-soal atau pekerjaan rumah yang diberikan oleh tenaga pendidik yang ada disekolah siswa masing-masing yang dapat siswa akses pada daftar isi di bawah. Alternatif jawaban buku yang kakak gunakan bersumber dari kunci jawaban buku siswa tema 5 kelas 4 Pahlawanku Kurikulum 2013 SD/MI semester 1 revisi 2017 sebagai panduan dan jawaban berisi rangkuman yang sudah kami sedia.
Sebelumnya kakak juga sudah berbagi untuk kunci jawaban tema 5 kelas 4 yaitu Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 4 Subtema 1 Pembelajaran 1 Halaman 1, 3, 4, 5, 6, 8. Semoga Jawaban dari Buku Siswa Tema 5 Kelas 4 Subtema 1 Pembelajaran 2 yang kakak berikan dapat bermanfaat untuk Siswa sekolah dasar SD/MI dalam melakukan tugas pembelajaran di sekolah, dan juga bisa menjadi referensi bagi tenaga pendidik yang membutuhkan.
Baca Juga :
Menurutmu, apakah Raja Purnawarman mendahulukan kepentingan dan tujuan bersama?
Menurutmu, apakah Raja Purnawarman bijaksana dalam menyelesaikan masalah?
Sikap Raja Purnawarman mencerminkan nilai-nilai Pancasila yaitu sila keempat.
Tahukah kamu?
Sila keempat : Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan.
Makna sila keempat adalah mendahulukan kepentingan dan tujuan bersama, cinta permusyawaratan dan demokrasi, serta bijak menyelesaikan masalah.
Amatilah simbol sila keempat berikut.
Tulislah makna dari simbol tersebut!
Bagaimana hubungan makna sila keempat dengan simbolnya.
Apakah Budi sudah bijak dalam menyelesaikan masalah? Jelaskan jawabanmu
Apakah sikap Budi mencerminkan sila keempat? Jelaskan.
Apa yang akan terjadi jika kita tidak bijak menyelesaikan masalah?
Apakah Lani sudah mendahulukan kepentingan bersama?
Apakah sikap Lani mencerminkan sila keempat? Jelaskan jawabanmu.
Apa yang akan terjadi jika Lani tetap pergi ke rumah neneknya?
Dayu sangat ingin menjadi ketua kelas. Ia menyatakan bahwa ia adalah ketua kelas. Dayu tidak mau ada musyawarah atau pemungutan suara.
Apakah Dayu sudah menjunjung tinggi musyawarah?
Apakah sikap Dayu sudah mencerminkan sila keempat? Jelaskan jawabanmu.
Apa yang akan terjadi jika kita memutuskan segala hal tanpa musyawarah?
Berilah contoh sikap dalam kehidupan sehari-hari yang sesuai dengan sila ke-empat Pancasila.
Identifikasi tinggi rendah nada dari notasi angka lagu di atas. Apa yang kamu temukan?
Bernyanyilah lagu Maju Tak Gentar bersama gurumu sesuai dengan tempo dan tinggi rendah nada. Gurumu akan memberikan tanda dengan ketukan. Jelaskan tinggi rendah nada pada lagu Maju Tak Gentar!
Nilai baik apa yang terkandung dalam lagu itu?
Kamu akan belajar materi garis. Ayo pelajari materi ini dengan bersemangat ya. Amatilah gambar berikut.
Apakah kamu menemukan gambar garis pada gambar di atas? Tunjuklah garis yang kamu temui.
Apa itu garis? Untuk mengetahuinya, kita akan melakukan percobaan berikut.
Buatlah dua buah titik pada kolom di bawah ini.
Kemudian, beri nama titik tersebut dengan titik A dan B. Hubungkan kedua titik tersebut dengan penggaris. Apa yang kamu lihat?
Kamu sedang melihat garis.Jika kamu mempunyai dua titik dan kamu menghubungkanya, kamu akan menghasilkan garis.
Perhatikan contoh berikut.
Sekarang, lakukan percobaan dengan menggunakan senter. Nyalakan lampu senter dan amati sinar yang terbentuk.
Bagaimana arah sinar yang terbentuk? Dapatkah kamu menemukan titik akhir dari sinar itu? Apakah yang dapat kamu simpulkan?
Titik akhir=titik akhir sinar tidak dapat diketahui secara jelas karen tidak ada benda di depannya
Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 2 Halaman 10, 11, 12, 13, 14, 15, 17 yang kakak bagikan pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk Adik-adik. Salam Pintar dari
Semoga Jawaban Kelas 4 Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 2 ini dapat membantu siswa/peserta didik dalam mengerjakan soal-soal atau pekerjaan rumah yang diberikan oleh tenaga pendidik yang ada disekolah siswa masing-masing yang dapat siswa akses pada daftar isi di bawah. Alternatif jawaban buku yang kakak gunakan bersumber dari kunci jawaban buku siswa tema 5 kelas 4 Pahlawanku Kurikulum 2013 SD/MI semester 1 revisi 2017 sebagai panduan dan jawaban berisi rangkuman yang sudah kami sedia.
Sebelumnya kakak juga sudah berbagi untuk kunci jawaban tema 5 kelas 4 yaitu Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 4 Subtema 1 Pembelajaran 1 Halaman 1, 3, 4, 5, 6, 8. Semoga Jawaban dari Buku Siswa Tema 5 Kelas 4 Subtema 1 Pembelajaran 2 yang kakak berikan dapat bermanfaat untuk Siswa sekolah dasar SD/MI dalam melakukan tugas pembelajaran di sekolah, dan juga bisa menjadi referensi bagi tenaga pendidik yang membutuhkan.
Baca Juga :
- Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 5 Kelas 4 Halaman 22, 23, 25, 27
- Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 4 Kelas 4 Berbagai Pekerjaan Lengkap
- Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 6 Kelas 4 Cita-citaku
- Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9 Lengkap
Tema 5 Kelas 4 Subtema 1 Pembelajaran 2
Dari semua perjuangan yang telah dilakukannya, Raja Purnawarman dapat disebut sebagai pahlawan.Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 4 Kelas 4 Halaman 10
Ayo Menulis
Apa yang dilakukan oleh Raja Purnawarman? (jawab di no 1, 2 , dan 3)Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 5 Kelas 4 Halaman 11
Raja Purnawarman membangun saluran air untuk kesejahteraan rakyatnya. Dengan adanya saluran air tersebut, ladang para petani tidak kekeringan pada musim kemarau. Raja Purnawarman juga membasmi perompak. Tindakan ini membuat kerajaan Tarumanegara menjadi aman.Menurutmu, apakah Raja Purnawarman mendahulukan kepentingan dan tujuan bersama?
Ya karena raja purnawarman adalah sosok yang bertanggung jawab terutama pada para rakyatnya.
Menurutmu, apakah Raja Purnawarman bijaksana dalam menyelesaikan masalah?
Ya, karena Raja Purnawarman terkenal dengan kebijaksanaanya melayani dan membantu rakyat yang mengalami kesusahan.
Sikap Raja Purnawarman mencerminkan nilai-nilai Pancasila yaitu sila keempat.
Tahukah kamu?
Sila keempat : Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan.
Makna sila keempat adalah mendahulukan kepentingan dan tujuan bersama, cinta permusyawaratan dan demokrasi, serta bijak menyelesaikan masalah.
Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 5 Kelas 4 Halaman 12
Apa simbol sila keempat? Lambang Kepala Banteng
Amatilah simbol sila keempat berikut.
Tulislah makna dari simbol tersebut!
Makna dari symbol tersebut adalah
- Mendahulukan kepentingan dan tujuan bersama
- Cinta permusyawaratan dan demokrasi
- Bijaksana dalam menyelesaikan masalah
Bagaimana hubungan makna sila keempat dengan simbolnya.
Lambang kepala banteng dijadikan sebagai dasar pada sila ke empat Pancasila berbunyi Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmah Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan.
Banteng merupakan binatang yang suka berkumpul. Sama seperti manusia dalam pengambilan keputusan harus dilakukan secara musyawarah. Salah satunya dengan berkumpul dan diskusi.
Banteng merupakan binatang yang suka berkumpul. Sama seperti manusia dalam pengambilan keputusan harus dilakukan secara musyawarah. Salah satunya dengan berkumpul dan diskusi.
Amati gambar berikut
Budi marah dan membentak Amir yang secara tidak sengaja menginjak kakinya.Apakah Budi sudah bijak dalam menyelesaikan masalah? Jelaskan jawabanmu
Budi belum bijak dalam menyelesaikan masalah seharusnya masalah diselesaikan dengan cara damai.
Apakah sikap Budi mencerminkan sila keempat? Jelaskan.
Sikap Budi tidak mencerminkan sila keempat Pancasila.
Apa yang akan terjadi jika kita tidak bijak menyelesaikan masalah?
Jika masalah tidak diselesaikan dengan cara yang bijak maka akan terjadi permusuhan.
Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 5 Kelas 4 Halaman 13
Lani sudah berencana untuk pergi ke rumah neneknya. Tetapi hari itu, kelompok tarinya mendapat undangan dari Pak Lurah untuk menari merayakan hari kemerdekan.Lani menunda rencananya. Ia menari bersama kelompoknya.Apakah Lani sudah mendahulukan kepentingan bersama?
Ya Lani lebih memilih ikut latihan menari bersama.
Apakah sikap Lani mencerminkan sila keempat? Jelaskan jawabanmu.
Ya Lani lebih mementingkan kepentingan dan tujuan bersama.
Apa yang akan terjadi jika Lani tetap pergi ke rumah neneknya?
Jika Lani tetap pergi ke rumah neneknya maka latihan tari tidak dapat dilaksanakan dan tujuan bersma tidak tercapai.
Dayu sangat ingin menjadi ketua kelas. Ia menyatakan bahwa ia adalah ketua kelas. Dayu tidak mau ada musyawarah atau pemungutan suara.
Apakah Dayu sudah menjunjung tinggi musyawarah?
Belum, Dayu belum menjunjung tinggi musyawarah dalam kelompoknya.
Apakah sikap Dayu sudah mencerminkan sila keempat? Jelaskan jawabanmu.
Belum, tindakan belum sudah mencerminkan sila keempat Pancasila. Seharusnya dalam musyawarah kita tidak boleh memaksakan kehendak kepada orang lain.
Apa yang akan terjadi jika kita memutuskan segala hal tanpa musyawarah?
Jika memutuskan masalah tanpa musyawarah maka akan ada pihak yang dirugikan dan dapat mengakibatkan permusuhan.
Berilah contoh sikap dalam kehidupan sehari-hari yang sesuai dengan sila ke-empat Pancasila.
- Selalu mengutamakan musyawarah untuk mencapai mufakat dalam menyelesaikan permasalahan.
- Menghargai hasil musyawarah
- Kita tidak boleh memaksakan kehendak kita kepada orang lain.
- Menghormati dan menghargai pendapat orang lain.
- Berhati besar untuk menerima keputusan apapun yang dihasilkan oleh musyawarah.
- Bekerja sama untuk mempertanggung jawabkan keputusan tersebut.
Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 5 Kelas 4 Halaman 14, 15
Amatilah teks lagu “Maju Tak Gentar” tersebut.Identifikasi tinggi rendah nada dari notasi angka lagu di atas. Apa yang kamu temukan?
Tinggi rendah nada pada lagu maju tak gentar yaitu termasuk Tangga Nada Diatonis Mayor.
Tangga Nada Diatonis Mayor merupakan Tangga Nada yang mempunyai jarak antar nadanya 1 (satu) dan ½ (setengah).
Ciri-ciri tangga nada Diatonis Mayor adalah :
- Bersemangat dan berapi-api
- Mempunyai pola interval : 1 , 1 , ½ , 1 , 1 , 1 , ½
- Biasanya diawali dan diakhiri dengan nada Do = C
- Bersifat riang gembira
Birama yang digunakan yaitu ⁴/₄
Tangga Nada Diatonis Mayor merupakan Tangga Nada yang mempunyai jarak antar nadanya 1 (satu) dan ½ (setengah).
Ciri-ciri tangga nada Diatonis Mayor adalah :
- Bersemangat dan berapi-api
- Mempunyai pola interval : 1 , 1 , ½ , 1 , 1 , 1 , ½
- Biasanya diawali dan diakhiri dengan nada Do = C
- Bersifat riang gembira
Birama yang digunakan yaitu ⁴/₄
Bernyanyilah lagu Maju Tak Gentar bersama gurumu sesuai dengan tempo dan tinggi rendah nada. Gurumu akan memberikan tanda dengan ketukan. Jelaskan tinggi rendah nada pada lagu Maju Tak Gentar!
Tinggi rendah nada pada lagu maju tak gentar yaitu termasuk Tangga Nada Diatonis Mayor.
Tangga Nada Diatonis Mayor merupakan Tangga Nada yang mempunyai jarak antar nadanya 1 (satu) dan ½ (setengah).
Ciri-ciri tangga nada Diatonis Mayor adalah :
- Bersemangat dan berapi-api
- Mempunyai pola interval : 1 , 1 , ½ , 1 , 1 , 1 , ½
- Biasanya diawali dan diakhiri dengan nada Do = C
- Bersifat riang gembira
Birama yang digunakan yaitu ⁴/₄
Tangga Nada Diatonis Mayor merupakan Tangga Nada yang mempunyai jarak antar nadanya 1 (satu) dan ½ (setengah).
Ciri-ciri tangga nada Diatonis Mayor adalah :
- Bersemangat dan berapi-api
- Mempunyai pola interval : 1 , 1 , ½ , 1 , 1 , 1 , ½
- Biasanya diawali dan diakhiri dengan nada Do = C
- Bersifat riang gembira
Birama yang digunakan yaitu ⁴/₄
Nilai baik apa yang terkandung dalam lagu itu?
Tentunya rasa patriotisme yang terbentuk, rasa penghayatan yang besar terhadap Negara kita, dan cinta tanah air, serta semangat menjadi warga Indonesia merdeka yang kian membara
Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 5 Kelas 4 Halaman 17
Ayo Mencoba
Kamu akan belajar materi garis. Ayo pelajari materi ini dengan bersemangat ya. Amatilah gambar berikut.Kamu akan belajar materi garis. Ayo pelajari materi ini dengan bersemangat ya. Amatilah gambar berikut.
Apakah kamu menemukan gambar garis pada gambar di atas? Tunjuklah garis yang kamu temui.
Apa itu garis? Untuk mengetahuinya, kita akan melakukan percobaan berikut.
Buatlah dua buah titik pada kolom di bawah ini.
Kemudian, beri nama titik tersebut dengan titik A dan B. Hubungkan kedua titik tersebut dengan penggaris. Apa yang kamu lihat?
Kamu sedang melihat garis.Jika kamu mempunyai dua titik dan kamu menghubungkanya, kamu akan menghasilkan garis.
Perhatikan contoh berikut.
Sekarang, lakukan percobaan dengan menggunakan senter. Nyalakan lampu senter dan amati sinar yang terbentuk.
Bagaimana arah sinar yang terbentuk? Dapatkah kamu menemukan titik akhir dari sinar itu? Apakah yang dapat kamu simpulkan?
Arah= arah sinar yg terbentuk yaitu merambat lurus.
Titik akhir=titik akhir sinar tidak dapat diketahui secara jelas karen tidak ada benda di depannya
Kesimpulan :
Senter pada gambar arah sinar yang terbentuk merambat lurus dan tidak ada titik akhirnya karena tidak ada benda didepannya
Senter pada gambar arah sinar yang terbentuk merambat lurus dan tidak ada titik akhirnya karena tidak ada benda didepannya
Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 2 Halaman 10, 11, 12, 13, 14, 15, 17 yang kakak bagikan pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk Adik-adik. Salam Pintar dari