45 Soal USBN Antropologi SMA Beserta Jawaban (Paket Utama Lengkap) Part-3 merupakan posting lanjutan soal USBN Antropologi SMA bagian ke-1 dan bagian ke-2 (soal nomor 11-20), dan untuk bagian ketiga pertanyaan dimulai dari nomor 21 dengan dilengkapi kunci jawaban, seperti berikut dibawah ini.
21. Sesuai dengan dasar negara Pancasila, Indonesia adalah negara yang memahami adanya Ketuhanan Yang Maha Esa. Masyarakat Indonesia mengenal 5 agama, yaitu Islam, Katolik, Protestan, Hindu, dan Buddha. Sejak masa pemerintahan Abdurrahman Wahid, negara kita pun mengakui keberadaan Kong Hu Cu sebagai agama yang dianut oleh mayoritas etnis Tionghoa di Indonesia. Berdasarkan ilustrasi di atas, yang merupakan dampak positif perilaku beragama bagi kehidupan sosial budaya masyarakat adalah ....
A. terciptanya keharmonisan hidup dan solidaritas sosial yang tinggi
B. menyatukan sesama ajaran agama di lndonesia
C. pendorong fanatisme yang berlebihan
D. sikap meninggikan atau mengagungkan agama tertentu
E. perilaku intoleran terhadap ritual agama tertentu
Jawaban: A
22. Perbedaan agarna bumi/alam dengan agama wahyu berdasarkan karakteristiknya adalah ....
Jawaban: C
23. Indonesia adalah negara yang mengakui keberagaman agama dan kemerdekaan untuk menganut agama yang berbeda-beda. Salah satu upaya untuk menghadapi keberagaman agama adalah ....
A. meningkatkan keamanan di tempat tinggal masing-masing
B. pemeluk agama merasa setiap agama intinya sama
C. pemeluk agama memelihara solidaritas sosial
D. menganggap agamanya paling benar dengan agama lain
E. menciptakan fanatisme yang berlebihan terhadap agamanya
Jawaban: C
24. Globalisasi telah merubah kehidupan masyarakat lndonesia, khususnya globalisasi di bidang teknologi seperti traktor, mesin cuci, dll. Dampak positif dari iptek tersebut adalah...
A. Adanya gaya hidup yang konsumtif
B. Memperbanyak devisa negara
C. Memperkuat solidaritas dalam masyarakat
D. Membuat aktivitas rnenjadi lebih efisien
E. Mampu mengikuti fashion dunia
Jawaban: D
25. Perkembangan iptek yang begitu cepat berdampak kepada perubahan di segala bidang kehidupan baik yang bersifat positif maupun negatif. Dampak negatif iptek di bidang sosial budaya adalah....
A. penggunaan alat komunikasi dan informasi modern di ruang terbuka
B. munculnya gaya hidup konsumtif di segala lapisan masyarakat
C. adanya peningkatan etos kerja dikalangan pegawai negeri sipil
D. eksport barang jadi meningkat pesat karena perbaikkan produksi
E. munculnya paham solidaritas yang tinggi di antara masyarakat
Jawaban: B
26. Iptek terus berkembang seiring dengan perkembangan yang terjadi pada kebudayaan suatu masyarakat. Sebagai contoh pengaruh iptek di bidang pertanian adalah ....
A. melakukan pembakaran hutan bersama-sama
B. sistem pengairan sawah dengan metode terrasering
C. mengadakan upacara untuk menghormat Dewi Sri
D. membeli pupuk tanam di Koperasi Unit Desa
E. petani mengerjakan sawah dengan anaknya
Jawaban: B
27. Perubahan sosial yang terjadi di masyarakat antara lain dipengaruhi oleh perkembangan iptek yang begitu cepat. Sehingga kebutuhan masyarakat lebih mudah didapat. Tidak menutup kemungkinan pihak produsen berusaha memenuhi kebutuhan masyarakat dengan segala cara agar barang-barang yang diproduksi laku dipasaran. Dalam hal ini contoh perilaku konsumen untuk menghargai hasil karya iptek adalah....
A. tidak membeli barang-barang produksi lokal
B. tidak perlu memenuhi kebutuhan primer
C. hanya membeli benda-benda yang dibutuhkan
D. hanya membeli barang yang berteknologi tinggi
E. tidak mernbeli barang-barang bajakan
Jawaban: E
28. Perhatikan pernyataan berikut !
(1) Data dari penelitian lapangan
(2) Titik berat perhatian harus pada pandangan emik
(3) Studi kasus digunakan untuk memahami bentuk-bentuk tertentu
(4) Menggunakan data kuantitatif saja
(5) Analisis bersifat empiris
Ciri-ciri studi etnografi adalah ....
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (2), dan (4)
C. (1), (3), dan (4)
D. (2), (4), dan (5)
E. (3), (4), dan (5)
Jawaban: A
29. Perhatikan pernyataan berikut !
(1) Seminar
(2) Pagelaran
(3) Artikel
(4) Makalah
(5) Majalah
Yang merupakan cara untuk mengomunikasikan hasil studi ethnografi yaitu ....
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (2), dan (4)
C. (1), (3), dan (4)
D. (2), (3), dan (5)
E. (3), (4), dan (5)
Jawaban: C
“Generasi Muda Kurang Tertarik terhadap Kesenian Tradisional”
Rumusan masalah yang sesuai dengan tema tersebut adalah....
A. Siapa yang kurang tertarik terhadap kesenian tradisional?
B. Apakah generasi muda kurang tertarik terhadap kesenian tradisional?
C. Bagaimana agar generasi muda tertarik terhadap kesenian tradisional?
D. Mengapa para generasi muda kurang tertarik terhadap kesenian tradisional?
E. Kapan generasi muda kurang tertarik terhadap kesenian tradisional?
Jawaban: D
Lanjut ke soal ujian sekolah nomor 31-45 => 45 Soal USBN Antropologi SMA Beserta Jawaban (Paket Utama Lengkap) Part-4
21. Sesuai dengan dasar negara Pancasila, Indonesia adalah negara yang memahami adanya Ketuhanan Yang Maha Esa. Masyarakat Indonesia mengenal 5 agama, yaitu Islam, Katolik, Protestan, Hindu, dan Buddha. Sejak masa pemerintahan Abdurrahman Wahid, negara kita pun mengakui keberadaan Kong Hu Cu sebagai agama yang dianut oleh mayoritas etnis Tionghoa di Indonesia. Berdasarkan ilustrasi di atas, yang merupakan dampak positif perilaku beragama bagi kehidupan sosial budaya masyarakat adalah ....
A. terciptanya keharmonisan hidup dan solidaritas sosial yang tinggi
B. menyatukan sesama ajaran agama di lndonesia
C. pendorong fanatisme yang berlebihan
D. sikap meninggikan atau mengagungkan agama tertentu
E. perilaku intoleran terhadap ritual agama tertentu
Jawaban: A
22. Perbedaan agarna bumi/alam dengan agama wahyu berdasarkan karakteristiknya adalah ....
Jawaban: C
23. Indonesia adalah negara yang mengakui keberagaman agama dan kemerdekaan untuk menganut agama yang berbeda-beda. Salah satu upaya untuk menghadapi keberagaman agama adalah ....
A. meningkatkan keamanan di tempat tinggal masing-masing
B. pemeluk agama merasa setiap agama intinya sama
C. pemeluk agama memelihara solidaritas sosial
D. menganggap agamanya paling benar dengan agama lain
E. menciptakan fanatisme yang berlebihan terhadap agamanya
Jawaban: C
24. Globalisasi telah merubah kehidupan masyarakat lndonesia, khususnya globalisasi di bidang teknologi seperti traktor, mesin cuci, dll. Dampak positif dari iptek tersebut adalah...
A. Adanya gaya hidup yang konsumtif
B. Memperbanyak devisa negara
C. Memperkuat solidaritas dalam masyarakat
D. Membuat aktivitas rnenjadi lebih efisien
E. Mampu mengikuti fashion dunia
Jawaban: D
25. Perkembangan iptek yang begitu cepat berdampak kepada perubahan di segala bidang kehidupan baik yang bersifat positif maupun negatif. Dampak negatif iptek di bidang sosial budaya adalah....
A. penggunaan alat komunikasi dan informasi modern di ruang terbuka
B. munculnya gaya hidup konsumtif di segala lapisan masyarakat
C. adanya peningkatan etos kerja dikalangan pegawai negeri sipil
D. eksport barang jadi meningkat pesat karena perbaikkan produksi
E. munculnya paham solidaritas yang tinggi di antara masyarakat
Jawaban: B
26. Iptek terus berkembang seiring dengan perkembangan yang terjadi pada kebudayaan suatu masyarakat. Sebagai contoh pengaruh iptek di bidang pertanian adalah ....
A. melakukan pembakaran hutan bersama-sama
B. sistem pengairan sawah dengan metode terrasering
C. mengadakan upacara untuk menghormat Dewi Sri
D. membeli pupuk tanam di Koperasi Unit Desa
E. petani mengerjakan sawah dengan anaknya
Jawaban: B
27. Perubahan sosial yang terjadi di masyarakat antara lain dipengaruhi oleh perkembangan iptek yang begitu cepat. Sehingga kebutuhan masyarakat lebih mudah didapat. Tidak menutup kemungkinan pihak produsen berusaha memenuhi kebutuhan masyarakat dengan segala cara agar barang-barang yang diproduksi laku dipasaran. Dalam hal ini contoh perilaku konsumen untuk menghargai hasil karya iptek adalah....
A. tidak membeli barang-barang produksi lokal
B. tidak perlu memenuhi kebutuhan primer
C. hanya membeli benda-benda yang dibutuhkan
D. hanya membeli barang yang berteknologi tinggi
E. tidak mernbeli barang-barang bajakan
Jawaban: E
28. Perhatikan pernyataan berikut !
(1) Data dari penelitian lapangan
(2) Titik berat perhatian harus pada pandangan emik
(3) Studi kasus digunakan untuk memahami bentuk-bentuk tertentu
(4) Menggunakan data kuantitatif saja
(5) Analisis bersifat empiris
Ciri-ciri studi etnografi adalah ....
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (2), dan (4)
C. (1), (3), dan (4)
D. (2), (4), dan (5)
E. (3), (4), dan (5)
Jawaban: A
29. Perhatikan pernyataan berikut !
(1) Seminar
(2) Pagelaran
(3) Artikel
(4) Makalah
(5) Majalah
Yang merupakan cara untuk mengomunikasikan hasil studi ethnografi yaitu ....
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (2), dan (4)
C. (1), (3), dan (4)
D. (2), (3), dan (5)
E. (3), (4), dan (5)
Jawaban: C
Baca juga: Soal UN/UNBK Sosiologi dan Kunci Jawaban Lengkap dengan Pembahasan30. Perhatikan topik studi ethnografi berikut!
“Generasi Muda Kurang Tertarik terhadap Kesenian Tradisional”
Rumusan masalah yang sesuai dengan tema tersebut adalah....
A. Siapa yang kurang tertarik terhadap kesenian tradisional?
B. Apakah generasi muda kurang tertarik terhadap kesenian tradisional?
C. Bagaimana agar generasi muda tertarik terhadap kesenian tradisional?
D. Mengapa para generasi muda kurang tertarik terhadap kesenian tradisional?
E. Kapan generasi muda kurang tertarik terhadap kesenian tradisional?
Jawaban: D
Lanjut ke soal ujian sekolah nomor 31-45 => 45 Soal USBN Antropologi SMA Beserta Jawaban (Paket Utama Lengkap) Part-4