Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 4 Tema 2 Subtema 1 Halaman 11, 12, 13, 14, 15, 17, 18

– Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 4 Tema 2 Selalu Berhemat Energi, Subtema 1 Sumber Energi, Halaman 11, 12, 13, 14, 15, 17, 18

Tema 2 Kelas 5 SD Subtema 1 Pembelajaran 2

 Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas  Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 4 Tema 2 Subtema 1 Halaman 11, 12, 13, 14, 15, 17, 18

Kunci Jawaban Tematik Halaman 11

Ayo Bernyanyi

Amatilah teks notasi angka “Menanam Jagung’.
 Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas  Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 4 Tema 2 Subtema 1 Halaman 11, 12, 13, 14, 15, 17, 18
Identifikasi tinggi rendah nada dari notasi angka lagu tersebut. Apa yang kamu temukan?
Jawab:
Irama lagu 4/4, terdapat notasi angka do= 1, re=2, mi=3, fa=4, sol=5, la=6, si=7. Terdapat angka 0 yang artinya adalah tanda istirahat, dan juga terdapat tanda titik setelah not angka yang menandakan bahwa not angka sebelum tanda titik ketukannya bertambah misal 1 dibaca do dengan 2 ketukan

Tahukah kamu tinggi rendah nada?
a. Berikut adalah urutan tinggi rendah nada

 Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas  Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 4 Tema 2 Subtema 1 Halaman 11, 12, 13, 14, 15, 17, 18

Semakin ke kanan nada akan semakin tinggi. Cobalah bersama gurumu. Pada teks lagu menanam jagung, tandailah
1. Nada tinggi
2. Nada rendah

b. Birama lagu adalah 4/4. Itu menunjukkan bahwa dalam satu birama terdapat 4 ketukan. Satu ketukan akan bernilai ¼

c. Tanda 2 2 menunjukkan bahwa kedua nada dalam satu ketukan. Masing-masing 1/8 ketukan.

Cobalah dengan gurumu untuk menyanyikan notasi lagu menanam jagung sesuai dengan tempo dan tinggi rendah nada. Gurumu akan memberikan tanda dengan ketukan.
Tanaman jagung dapat tumbuh karena air.
Apakah air juga merupakan sumber energi? Ayo kita cari tahu.

Kunci Jawaban Tematik Halaman 12

Ayo Mengamati

Energi Air

Air merupakan salah satu sumber energi. Tubuh kita membutuhkan air untuk beraktivitas. Tidak hanya manusia, tumbuhan, dan hewan juga membutuhkan air. Selain diminum, air juga kita gunakan untuk memasak, mencuci, mandi, dan lain-lain.

Air juga dapat dimanfaatkan sebagi sumber energi listrik. Salah satunya dengan menggunakan kincir air.

Amatilah di sekitarmu. Tulislah sebanyak-banyaknya manfaat air bagi kamu.
Jawab:
  1. Keperluan rumah tangga, misalnya untuk minum, masak, mandi, cuci dan pekerjaan lainnya,
  2. Keperluan umum, misalnya untuk kebersihan jalan dan pasar, pengangkutan air limbah, hiasan kota, tempat rekreasi dan lain-lainnya.
  3. Keperluan industri, misalnya untuk pabrik dan bangunan pembangkit tenaga listrik.
  4. Keperluan perdagangan, misalnya untuk hotel, restoran, dll.
  5. Keperluan pertanian dan peternakan
  6. Keperluan pelayaran dan lain sebagainya
Air sangat penting bagi kita. Setiap orang berhak mendapatkan air yang bersih. Perhatikan gambar berikut.
 Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas  Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 4 Tema 2 Subtema 1 Halaman 11, 12, 13, 14, 15, 17, 18

Diskusikan dengan temanmu.
1. Mengapa anak tersebut minum? Anak tersebut minum karena haus.

2. Mengapa anak tersebut mandi? Anak tersebut mandi agar tubuhnya bersih.

3. Apakah mandi dan minum adalah kebutuhan? Mandi dan minum adalah kebutuhan manusia.

4. Apa yang terjadi jika ia tidak mempunyai air bersih? Ia tidak bisa minum dan mandi.

5. Apakah kita semua harus mendapatkan air bersih? Air merupakan sumber kehidupan yang tak bisa dipisahkan dengan manusia. Oleh karena air merupakan sumber kehidupan maka tentunya kita harus menggunakan air yang bersih dan sehat supaya kita tidak terserang penyakit karena mengkonsumsi air yang tidak sehat..

7. Apa yang dimaksud dengan hak? Hak adalah sesuatu yang mutlak menjadi milik kita dan penggunaannya tergantung kepada kita sendiri.

8. Carilah contoh hak-hak kita dalam kehidupan masyarakat berikut alasanya.
  • Hak atas persamaan. Setiap anak berhak mendapatkan kesempatan yang sama untuk tumbuh, berkembang, dan berpartisipasi secara wajar sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan serta mendapat perlindungan.
  • Hak untuk memiliki nama. Setiap anak berhak untuk mempunyai nama dan tercatat dalam dokumen negara. 
  • Hak untuk memiliki kewarganegaraan. Setiap anak berhak untuk diakui kewarganegaraannya oleh suatu bangsa secara resmi melalui penerbitan dokumen kewarganegaraan, meliputi akta kelahiran dan kartu tanda penduduk.
  • Hak atas perlindungan. Setiap anak berhak dilindungi baik secara fisik, psikis, spiritual, dan moral. 
  • Hak atas makanan. Anak adalah cikal bakal masa depan suatu bangsa. Maka, ia harus terpenuhi kebutuhan utamanya, yang dalam hal ini adalah nutrisi. 
  • Hak atas pendidikan. Setiap anak berhak mendapatkan pendidikan yang layak. Pendidikan yang layak.
  • Hak atas kesehatan. Setiap anak berhak mendapatkan jaminan kesehatan yang memadai. Jaminan kesehatan mencakup imunisasi dasar saat bayi, makanan dengan gizi seimbang, akses ke Pos Layanan Terpadu (Posyandu) setiap bulannya, imunisasi dasar di sekolah, pemeriksaan gigi setiap enam bulan, termasuk juga pelayanan kesehatan reproduksi yang ramah remaja.
  • Hak bermain. Masa kanak-kanak identik dengan masa asyiknya bermain. Bermain bagi anak merupakan bentuk pembelajaran juga. Pastikan anak memiliki waktu bermain setiap harinya.
  • Setiap orang berhak mendapatkan air bersih. Untuk itu, setiap anggota masyarakat juga harus melaksanakan kewajibannya dengan baik.
 Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas  Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 4 Tema 2 Subtema 1 Halaman 11, 12, 13, 14, 15, 17, 18

Kunci Jawaban Tematik Halaman 13

Tulislah dalam diagram berikut.
 Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas  Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 4 Tema 2 Subtema 1 Halaman 11, 12, 13, 14, 15, 17, 18

Kunci Jawaban Tematik Halaman 14

Diskusikan dengan kelompokmu
1. Apa dampak yang dilakukan dari gambar A? Dengan gotong royong pekerjaan menjadi cepat selesai.

2. Apa yang akan terjadi jika kita tidak melakukan seperti gambar A? Pekerjaan akan membutuhkan waktu yang lebih lama

3. Apa dampak yang dilakukan dari gambar B? Dengan menghemat air bersih ketersediaan air bersih teap terjaga.

4. Apa yang akan terjadi jika kita tidak melakukan seperti gambar B? Melakukan pemborosan air menyebabkan persediaan air bersih cepat habis.

5. Apakah kita harus melakukan seperti gambar A dan B? Ya karena dengan gotong royong dan menghemat air bersih kehidupa dapat berjalan lebih baik

6. Apa yang dimaksud dengan kewajiban? kewajiban adalah sesuatu yang harus dilaksanakan dan apabila tidak dilaksanakan akan mendapat sanksi.

7. Carilah contoh kewajiban kita dalam kehidupan masyarakat berikut alasannya.
  • Kewajiban  menaati segala peraturan di lingkungan masyarakat masyarakat karena dengan menaati peraturan kita akan jadi lebih disiplin,hidup menjadi tenteram dan teratur 
  • •Kewajiban menjaga kebersihan karena dengan lingkungan yang bersih kesehatan masyarakat terjaga.
  • Kewajiban menjaga keamanan karena dengan lingkungan yang aman hidup tenteram dan damai
  • Kewajiban  tolong menolong pada setiap warga, dengan tolong menolong terjalin persatuan dan kesatuan
  • Kewajiban membayar pajak, karena dengan membayar pajak pembangunan dapat dilaksanakan.
Tulislah dalam diagram berikut.
 Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas  Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 4 Tema 2 Subtema 1 Halaman 11, 12, 13, 14, 15, 17, 18

Kunci Jawaban Tematik Halaman 15

Ayo Berlatih

Perhatikan gambar berikut!

 Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas  Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 4 Tema 2 Subtema 1 Halaman 11, 12, 13, 14, 15, 17, 18
Pertanyaan
Gambar 1
Gambar 2
Apakah dia sudah mendapatkan haknya dengan baik?SudahSudah
Apakah dia sudah melaksanakan kewajibannya?BelumSudah
Apa yang sebaiknya dia lakukan?Sebaiknya menghemat air bersihBekerja dengan ikhlas

Air merupakan salah satu energi yang paling penting bagi manusia. Setiap orang berhak mendapatkan air bersih. Kita wajib menghemat penggunaannya. Jadi, apa perbedaan hak dan kewajiban?
Jawab:
Perbedaan kewajiban dan hak adalah kewajiban apabila tidak dilaksanakan akan dikenakan sanksi, sedangkan hak apabila tidak digunakan tidak akan dikenakan sanksi.

Kunci Jawaban Tematik Halaman 17, 18

Ayo Mencoba

Siti ingin mengetahui penggunaan air bersih di rumah setiap minggunya.
Berikut adalah data yang siti temukan.
Nama SiswaPenggunaan air bersih di rumah dalam satuan liter setiap minggu
Siti273
Edo324
Lani363
Dayu262
Udin291

Hitunglah Jumlah air yang digunakah oleh semua teman-teman siti. Lakukan penaksiran untuk mempercepat menghitungnya.

Pembulatan ke puluhan terdekat
Pembulatan ke ratusan terdekat
Jika bilangan satuannya adalah (5, 6, 7,
8, dan 9) dibulatkan menjadi 10.
Jika bilangan puluhannya 50 sampai 99
dibulatkan menjadi 100
Jika bilangan satuannya adalah (1, 2, 3,
dan 4) dihilangkan.
Jika bilangan puluhannya kurangdari 50
dihilangkan
Contoh 543 sedikit lebihnya/mendekati
dari 540
Contoh 543 sedikit lebihnya/mendekati
dari 500

Taksirlah penjumlahan berikut ke puluhan terdekat
123 + 267 = ….
Lakukan pembulatan bilangan dahulu.
123 mendekati 120
267 mendekati 270
Hasilnya 120 + 260 = 380
Jadi hasil penaksirannya adalah 380

Nama SiswaPenggunaan air bersih di rumah dalam satuan liter setiap minggu
Siti273 = mendekati 270
Edo324 = mendekati 320
Lani363 = mendekati 360
Dayu262 = mendekati 260
Udin291 = mendekati 290

Perhatikan Tabel berikut.
Penaksiran
Cara melakukan penaksiran
Puluhanjika bilangan satuan kurang dari 5, maka dibulatkan kebawah
Ratusanjika bilangan puluhan kurang dari 50, maka dibulatkan kebawah
Ribuanjika bilangan ratusan kurang dari 500, maka dibulatkan kebawah
Puluhan ribujika bilangan ribuan kurang dari 5000, maka dibulatkan kebawah
Ratusan ribujika bilangan puluhan ribu kurang dari 50.000, maka dibulatkan kebawah
Jutaanjika bilangan ratusananribu kurang dari 500.000, maka dibulatkan kebawah

Isilah tabel berikut.
Bilangan
penaksiran
Cara melakukan penaksiran
Hasil
45Puluhandibulatkan ke puluhan terdekat50
477Ratusandibulatkan ke ratusan terdekat500
4.567Ribuandibulatkan ke ribuan terdekat5.000
23.458Puluhan ribudibulatkan ke puluhan ribu terdekat23.000
236.679Ratusan ribudibulatkan ke ratusan terdekat200.000
2.345.678Jutaandibulatkan ke jutaan terdekat2.000.000

Lakukan penaksiran ke puluhan terdekat.
Nama Siswa
Penggunaan air bersih di rumah
dalam satuan liter setiap minggu
Jumlah air yang digunakan di rumah Siti dan Edo273 + 324 = 270 + 320 = 590
Jumlah air yang digunakan di rumah Lani, Dayu dan Udin363+262+291=360+260+290=910
Jumlah air yang digunakan di rumah Dayu dan Edo262+324 = 260+320=580
Jumlah air yang digunakan di rumah Siti, Edo, Lani,
Dayu, dan Udin
273+324+363+262+291=270+320+360+260+290=1.500
Selisih air yang digunakan di rumah Siti dan Dayu273 - 262 = 270 - 260 =10
Selisih air yang digunakan di rumah Dayu dan Lani363 -262 = 360 - 260 = 100
Selisih air yang digunakan di rumah Udin dan Edo324 - 291 = 320 - 290 = 30






Terimakasih sudah membaca artikel ini, semoga Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 4 Tema 2 Subtema 1 Halaman 11, 12, 13, 14, 15, 17, 18 yang saya share pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk rekan-rekan guru yang mengajar dan para pembaca. Salam


Lebih baru Lebih lama