– Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 3 Makanan Sehat Subtema 1 Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan Halaman 23, 24, 26
Tema 3 Kelas 5 SD Subtema 1 Pembelajran 3
Siti, Udin, dan Lani masih membicarakan sistem pencernaan manusia. Mereka senang membicarakan tentang proses pencernaan yang berlangsung di dalam tubuh.
Simaklah percakapan mereka!
Siti: “Bekal apa yang kamu bawa hari ini, Din?”
Udin: “Tenang Siti, hari ini aku membawa makanan sehat, lho. Aku membawa nasi dengan tumis sayur dan telur.”
Siti: “Wah, kedengarannya enak, Din.”
Lani: “Iya, enak dan sehat. Nah, sekarang aku mau tanya, apa ada yang masih ingat organ pencernaan manusia?”
Udin: “Masih! Makanan dikunyah di dalam mulut dengan gigi, kemudian...”
Siti: “Makanan meluncur masuk ke kerongkongan untuk kemudian masuk ke lambung.”
Lani: “Dari lambung, makanan diubah menjadi bubur makanan yang kemudian diserap oleh apa?”
Udin: “Usus halus! Usus halus akan menyerap semua sari-sari makanan, Lan.”
Siti: “Selanjutnya, makanan yang tidak dapat dicerna bergerak menuju usus besar.”
Udin: “Aku lupa. Apa yang terjadi saat makanan berada di usus besar, ya?”
Lani: “Usus besar menyerap air yang terdapat dalam bubur makanan dan menjadi tempat terjadinya proses pembusukan makanan, Din. Kemudian makanan yang sudah melalui semua proses tersebut masuk ke anus untuk kemudian dibuang.”
Siti: “Jangan lupa, makan makanan yang sehat ya, teman-teman, agar kesehatan organ pencernaan kita tetap terjaga!”
Makanan sehat tidak selalu harus mahal. Makanan merupakan sumber energi bagi tubuh kita.
Ayo Membaca
Bacalah teks tentang makanan pokok berikut!
Makanan merupakan bahan baku utama bagi manusia untuk memproduksi energi dan memenuhi segala nutrisi yang diperlukan tubuh. Ibarat bensin yang sangat vital peranannya bagi kendaraan bermotor, makanan sangat berperan bagi tubuh manusia dalam mempertahankan kelangsungan hidup. Namun, tidak semua jenis makanan yang dikonsumsi dapat memberikan asupan gizi yang baik dan sehat. Makanan yang sehat ialah makanan yang mengandung semua zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk memperoleh energi.
Bacaan di atas sangat menarik, bukan?
Interaksi sosial adalah hubungan-hubungan sosial yang menyangkut hubungan antarindividu, individu dengan kelompok, dan kelompok dengan kelompok. Interaksi sosial amat dibutuhkan untuk kehidupan bersama sebab individu tidak dapat hidup tanpa individu lainnya.
Interaksi dengan lingkungan hidup merupakan interaksi antara manusia dengan lingkungan yang terbentuk secara alami. Gunung, sungai, rawa, merupakan contoh-contoh lingkungan alam.
Kunci Jawaban Tematik Halaman 23
Ayo Berlatih
• Jelaskan interaksi sosial dan interaksi dengan lingkungan alam yang terdapat pada lahan pertanian padi.
Jawab:
Interaksi sosial yang terjadi pada lahan pertanian padi terjadi antara pemilik lahan dengan para pekerja yang mengolah tanah dan menanam padi, sedangkan interaksi dengan lingkungan terjadi antara manusia dan tanah (lahan sawah).
• Amatilah lingkungan sekelilingmu. Sebutkan interaksi manusia dengan alam yang dapat kamu temukan di sana. Apakah yang tengah dilakukan oleh manusia? Apa pengaruh dari kegiatan manusia terhadap lingkungan alam?
Jawab:
Salah satu kegiatan interaksi manuia dengan alam kegiatan penebangan hutan. Jika penebangan hutan dilakukan dengan sembarangan tentu saja lingkungan alam akan menjadi rusak dan menimbulkan kerugian bagi manusia.
Ayo Berdiskusi
Ternyata menarik untuk dicermati bahwa terdapat hubungan timbal balik dan saling memengaruhi antara manusia dengan lingkungan hidupnya. Bersama dengan teman sekelompokmu, diskusikanlah interaksi yang terjadi di lingkungan sekitarmu, bisa berupa lingkungan rumah atau sekolah. Isilah tabel berikut ini.
Tentukan jenis interaksi yang terjadi dengan menjelaskan alasannya.
Tuliskan hasilnya pada tabel seperti berikut ini.
Jawab:
Interaksi yang dilakukan | Interaksi Lingkungan Hidup | Interaksi Sosial |
Menangkap ikan di laut | Nelayan dengan laut karena nelayan mengambil ikan yang ada di laut. Selain itu nelayan juga memanfaatkan angin untuk berlayar. | Nelayan dan nelayan, serta para pedagang ikan. Nelayan bersama-sama menangkap ikan dan menjualnya kepada para pdagang di pasar ikan. |
Bekerja bakti membangun jalan kampung | Interaksi antara manusia dengan tanah yang digunakan untuk membangun jalan | Interaksi antara warga masyarakat yang ikut bergotong royong membangun jalan. |
Kegiatan menyiram tanaman di rumah. | Interaksi antara manusia dengan tumbuhan dan juga air | Interaksi sodial antara anggota keluarga. |
Penghijauan hutan | Intraksi antara manusia dengan tumbuhan dan interaksi antara manusia dengan tanah | Interaksi antar warga yang ikut dalam kegiatan penghijauan tersebut |
Lomba panjat pinang | Interaksi antara manusia dengan tumbuhan (pohon pinang) dan tanah | Interaksi diantara peserta lomba yang saling berebut untuk mndapatkan hadiah |
Ketika kamu mengamati interaksi yang terjadi di lingkungan sekitarmu, identifikasi pihak yang berinteraksi dengan memperhatikan hal-hal berikut.
1. Apakah pihak yang berinteraksi memiliki perbedaan?
2. Berapa usia manusia yang berinteraksi tersebut?
3. Apakah jenis kelamin mereka?
4. Apakah pekerjaan mereka?
5. Berasal dari latar belakang budaya apakah mereka?
6. Apakah agama yang mereka anut?
Kunci Jawaban Tematik Halaman 24
Ayo Berkreasi
Indonesia memang dikenal memiliki tingkat keragaman budaya, adat istiadat, dan agama yang tinggi. Berdasarkan hasil pengamatanmu tersebut buatlah sebuah komik sederhana yang mengetengahkan tentang interaksi yang dilakukan manusia. Pastikan tulisanmu menggunakan bahasa Indonesia yang santun dan ejaan yang tepat.
Warnailah komikmu dengan rapi dan semenarik mungkin.
Jawab:
Jawaban disesuaikan oleh siswa dalam menuliskan informasi yang mereka temukan
Berdasarkan penelitian pada tahun 2010, konsumsi beras masyarakat Indonesia mencapai 100 kilogram per kapita per tahun. Ketersediaan beras di Tanah Air pada masa mendatang tidak sejalan dengan laju pertumbuhan penduduk. Untuk mengurangi ketergantungan itu, perlu ada perubahan konsep dan kebiasaan makan masyarakat. Misalnya, mengganti nasi sebagai makanan pokok dengan makanan jenis lain. Salah satu cara yang belakangan dikampanyekan pemerintah adalah tidak memakan nasi selama satu hari. Kebiasaan ini, misalnya, dilakukan satu hari dalam sepekan. Sebagai pengganti, selama sehari itu, warga bisa mengonsumsi sumber karbohidrat lain seperti jagung, ubi, singkong, talas, kentang, dan sagu.
Kunci Jawaban Tematik Kelas 26
Ayo Mengamati
Untuk mendukung upaya pemerintah tersebut, berikut adalah sebuah iklan tentang singkong sebagai pengganti nasi.
Amatilah iklan di bawah ini dengan saksama!
Masih ingatkah kamu dengan unsur-unsur dalam sebuah iklan?
Coba kamu identifikasi unsur-unsur iklan dalam iklan tersebut.
Jawab:
Lakukanlah diskusi dengan beberapa orang temanmu yang lain. Bandingkan hasil yang sudah kamu peroleh satu sama lain berkaitan dengan unsur-unsur iklan dalam iklan tersebut.
Jawab:
Jawaban disesuaikan oleh siswa dalam menuliskan informasi yang mereka temukan.
Terimakasih sudah membaca artikel ini, semoga Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 3 Subtema 1 Halaman 23, 24, 26 yang saya share pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk rekan-rekan guru yang mengajar dan para pembaca. Salam