– Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 4 Tema 3 Peduli Terhadap Makhluk Hidup, Subtema 1 Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku, Halaman 25, 26, 27, 28, 29
Kunci Jawaban Tematik Kelas 4 tema 3 ini merupakan jawaban dari soal-soal yang terdapat pada Buku Tematik Terpadu. Dengan adanya Kunci Jawaban ini kami berharap bisa membantu para rekan-rekan guru yang mengajar dan para siswa dalam menjawab soal - soal latihan atau pekerjaan rumah.
Tema 3 Kelas 4 SD Subtema 1 Pembelajaran 4
Selain menggunakan dengan tidak berlebihan. Tanaman juga perlu kita rawat. Tanaman yang kita rawat menjadi subur. Ketika tanaman subur kita akan mendapatkan manfaat yang lebih baik dari tanaman.
Lani juga senang merawat tanaman.
Kunci Jawaban Tematik Halaman 25, 26
Ayo Membaca
Diskusikan dengan kelompokmu.
1. Apa yang dilakukan Lani terhadap tanamannya? Jelaskan.
Jawaban:
Menyiram dan memberikan pupuk agar tanamannya tumbuh dgn subur.
2. Apa yang dilakukan adik Lani terhadap tanamannya? Jelaskan.
Jawaban:
Adik Lani juga mempunyai tanaman yang ditanam di rumah. Sering kali, ia lupa untuk menyiram tanamannya. Ia juga jarang memberikan pupuk. Lani sudah sering mengingatkan adiknya. Namun,adik Lani selalu lupa. Ia lebih senang menonton TV dan bermain. Tanaman miliknya layu dan hampir mati.
3. Manakah yang menurutmu telah bersikap bijak terhadap tanaman? Lani atau adiknya? Jelaskan
jawabanmu.
Jawaban:
Menurut saya yang lebih bijak terhadap tanaman Adalah Lani,Karen lain Lani selalu menyiram
tanamannya. Selain menyiram Lani juga memberikan pupuk seminggu sekali. Tanaman Lani tumbuh dengan subur
4. Ketika adik Lani tidak menyiram tanamannya, siapa saja yang dia rugikan? Jelaskan jawabanmu.
Jawaban:
Yg dirugikan pertama pasti tanamannya karena bisa mengakibtakn tanaman itu kekeringan,
Dan yang ke dua Adik Lani.
5. Ketika adik Lani lupa menyiram tanamannya, apakah dia sudah melaksanakan kewajibannya? Jelaskan jawaabanmu.
Jawaban:
Tidak , karna dia lupa menyiram tanamannya berarti dia sudah melupakan kewajibannya .
6. Ketika Lani menyiram tanamannya, apakah dia sudah melaksanakan kewajibannya? Jelaskan jawabanmu.
Jawaban:
Sudah,Karna ketika ia menyiram tanaman maka akan terjadi suatu kegiatan yang positif dimana dapat memberikan keuntungan kepada keduanya. bunganya tidak mati dan yang menyiram dapt menikmati keindahan dari bunga tersebut.
7. Mengapa memperoleh hak untuk mendapatkan tanaman subur itu penting?
Jawaban:
Karen tumbuhan yg kita tanam menghasilkan hasil maksimal dan tumbuhan itu akan tumbuh subur jika tumbuhan itu subur maka itu juga akan menghasilkan udara yang sejuk(oksigen )
8. Mengapa melakukan kewajiban untuk merawat tanaman itu penting?
Jawaban:
Karena tanaman bermanfaat untuk pernafasan kita kan menghasilkan oksigen dan juga menyelamatkan dari banjir karena ada penyerapan air.
Tanaman perlu kita rawat agar terus bisa tumbuh. Oksigen yang diberikan oleh tanaman membantu kita untuk bernapas. Jika semua orang seperti adik Lani, bayangkan apa yang terjadi dengan semua tanaman? Apakah kamu sudah merawat tanamanmu dengan baik? Mengapa kita harus merawatnya?
Perhatikan gambar berikut.
Berdasarkan gambar di atas diskusikan.
Pertanyaan | Gambar A | Gambar B | Gambar C |
---|---|---|---|
Apa yang dilakukan orang pada gambar tersebut? | Menyiram tanaman | Membakar hutan | Merawat Tanaman |
Apakah tindakan tersebut baik? Mengapa? | Tindakan terebut baik terhadap tanaman kita wajib merawatnya | Tidak baik, kita tidak boleh membakar hutan | Baik, tanaman harus kita rawat |
Dampak bagi lingkungan | Tanaman menjadi subur dan lingkungan menjadi segar dan sehat | Hutan menjadi gundul dan dapat mengakibatkan bencana | Tanaman tumbuh dengan baik |
Dampak bagi orang lain | Dengan lingkungan yang sehat kesehatan warga juga terjaga | Kebakaran hutan akan merugikan orang lain | Lingkungan menjadi sehat dan penghuninya juga sehat |
Apakah perbuatan dalam gambar tersebut melanggar hak orang lain? Mengapa | Tidak, dengan menyiram tanaman kita tidak melanggar hak orang lain | Ya, karena setiap orang berhak mendapatkan lingkungan yang sehat | Tidak, justru apabila lingkungan hijau masyarakat menjadi sehat |
Apakah orang tersebut sudah melaksanakan kewajibannya? Mengapa? | Sudah, tanaman harus kita rawat | Belum, karena tanaman seharusnya dirswat bukan dirusak | Sudah, tanaman harus kita pelihara |
Apakah yang sebaiknya dilakukan? | Tanaman harus kita rawat agar dapat tumbuh dengan baik | Hutan harus kita jaga kelestariannya agar bermanfaat bagi manusia | Tanaman harus kita pelihara agar dapat berkembang dengan baik |
Buatlah jadwal merawat tanaman yang sudah kamu tanam. Disiplinlah dalam melakukannya.
Hari | Kegiatan di pagi hari | Kegiatan di sore hari |
---|---|---|
Senin | Menyiram tanaman | Menyiram tanaman dan membuang daun-daun yang kering |
Selasa | Menyiram tanaman | Menyiram tanaman dan memberi pupuk bagi tanaman yang sudah harus dipupuk |
Rabu | Menyiram tanaman | Menyiram tanaman dan membersihkan gulma yang ada di sekitar tanaman |
Kamis | Menyiram tanaman | Menyiram tanaman dan membersihkan hama tanaman seperti ulat dan serangga |
Jumat | Menyiram tanaman | Menyiram tanaman |
Sabtu | Menyiram tanaman | Menyiram tanaman |
Minggu | Menyiram tanaman | Menyiram tanaman dan mengganti media tanam yang sudah lama digunakan |
Kunci Jawaban Tematik Halaman 27, 28
Ayo Mengamati
Beberapa pecahan mudah untuk diingat. Pecahan- pecahan tersebut bisa membantu kita untuk mempermudah melakukan operasi. Pecahan- pecahan tersebut juga mudah untuk digambarkan.
Diskusikan dengan temanmu. Taksirlah nilai pecahan 3/8, 1/10, 15/16. Letakkan bilangan-bilangan tersebut pada garis bilangan. Amati nilai yang paling dekat apakah 0, 1/2 atau 1?
1. Jika pembilang mendekati setengah dari penyebut.
Tunjukkan pecahan 3/8 dengan garis bilangan
Perhatikan pecahan 1/2
Jadi pecahan 3/8 mendekati 0
2. Jika pembilang, terlalu jauh kurangnya dari setengah penyebut.
Perhatikan pecahan 1/2 Pecahan 1/2 = 5/10
Jadi pecahan 1/10 mendekati 0
3. Jika pembilang, terlalu jauh lebihnya dari setengah penyebut.
Perhatikan pecahan 1/2. Pecahan 1/2 = 8/16
Jadi pecahan 15/16 mendekati 1
Latihan.
Taksirlah nilai yang mendekati pecahan 2/6, 4/16, 7/12, 6/16, 2/15
Buktikan hasilnya dengan garis bilangan.
Mudahkan menaksir nilai pecahan? Lalu bagaimana dengan persen?
Bilangan Persen Acuan
Beberapa persen mudah untuk diingat. Bilangan-bilangan tersebut juga mudah untuk dioperasikan. Bilangan-bilangan persen berikut bisa kita jadikan acuan ketika kita membulatkan.
Siti melakukan survey untuk mengetahui seberapa rajin teman-temannya menyiram tanaman. Berikut data yang Siti dapatkan.
Hari Banyaknya Hasil taksiran
Selalu 11% 10%
Sering 37% 40%
Kadang-kadang 23% 20%
Jarang 29% 30%
Kunci Jawaban Tematik Halaman 29
Ayo Berdiskusi
Lihat kembali pertanyaanmu. Kamu akan memilih dan mengelompokkan pertanyaanmu berdasarkan kriteria berikut.
Ciri Pertanyaan yang baik adalah sebagai berikut.
1. Sesuai topik
2. Jawabannya bukan iya dan tidak
3. Antar pertanyaan berkesinambungan
4. Menggali lebih banyak informasi
5. Bahasa yang benar
6. Pertanyaan fokus atau tepat sasaran
7. Diawali dengan apa, siapa, dimana, kapan, mengapa dan bagaimana
Terimakasih sudah membaca artikel ini, semoga Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 4 Tema 3 Subtema 1 Halaman 25, 26, 27, 28, 29 yang saya share pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk rekan-rekan guru yang mengajar dan para pembaca. Salam