Kamis, 03 Agustus 2017

Perawatan Batu Bacan Paling Simple Agar Awet dan Mengkilap

Perawatan batu bacan tentunya wajib diketahui oleh Anda yang senang mengoleksi batu mulia. Percuma jika Anda membelinya dengan harga selangit, tetapi Anda tidak bisa merawatnya yang ada keindahan batu bacan yang Anda miliki bisa memudar. Batu bacan adalah salah satu batu mulia yang banyak diburu orang. Ada yang menggunakannya untuk perhiasan agar terlihat lebih mempesona saat berpenampilan. Ada pula yang menjadikannya agar tampak berwibawa dan disegani jika ia adalah orang yang memiliki tahta. Apapun kegunaan batu bacan, tetapi Anda sebagai pemilik harus pintar merawat batu bacan agar tetap awet dan mengkilap.

1. Mengelap Batu Bacan
Batu bacan yang Anda miliki bisa mengkristal dengan sempurna dan tambah indah dar hari ke hari jika Anda mau meluangkan waktu untuk merawat batu yang harganya cukup mahal tersebut. Agar batu semakin mengkilap, perawatan batu bacan yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengelap batu bacan setiap hari. Mengelapnya cukup mudah, Anda hanya perlu menyiapkan air bersih dan lap yang masih bersih dan gosok batu bacan secara perlahan agar bisa menghasilkan kilap yang sempurna dan semakin indah saat Anda memakainya.

2. Jangan sampai batu bacan tergores
Pemilik batu bacan tentunya bangga memakai batu bacan kemanapun ia pergi. Namun, agar batu bacan tetap terlihat indah, sebaiknya Anda berhati-hati saat memakainya. Jangan sampai batu mulia kesayangan Anda tersebut berbenturan dengan benda yang keras sehingga membuat permukaan batu tergores. Ya, memang batu bacan asli tahan terhadap goresan, tetapi jika sering kali berbenturan dengan benda yang keras, permukaan batu bacan yang mulus tetap saja bisa tergores. Perawatan batu bacan ini terbilang sederhana tetapi gampang-gampang susah untuk dilakukan.

3. Jangan dibawa tidur
Saking cintanya dengan batu bacan, pemilik batu bacan sampai tak rela berpisah dengan batu mulia yang identic dengan warna hijau tersebut. Terkadang, pemilik sampai tak mau melepaskannya pada saat ia ingin tidur. Padahal, agar batu bacan tetap awet dan indah, mencopotnya pada saat tidur adalah salah satu perawatan batu bacan yang wajib dilakukan oleh pemilik. Jika takut hilang, letakkan saja pada kotak cincin yang tertutup. Dengan begitu, jika batu bacan belum terkristal secara sempurna, pengkristalan secara alami bisa dilakukan batu bacan dalam kotak tempat batu diletakkan. 

4. Menggunakan Minyak Zaitun
Tadi sudah dibahas jika batu bacan ingin terlihat mengkilap, Anda bisa meluangkan waktu untuk mengelapnya dengan air dan lap yang bersih. Nah, ada salah satu cara lagi merawat batu bacan agar tambah mengkilap dan supaya terkristal dengan sempurna. Anda bisa mengolesi permukaan batu bacan dengan menggunakan minyak zaitun. Kalau tidak ada, Anda bisa mengganti minyak zaitun dengan baby oil. Setelah itu, Anda hanya perlu menggosok permukaan dengan lap kering secara perlahan agar batu bacan lebih mengkilap dan tidak tergores. Semoga informasi tentang perawatan batu bacan agar mengkilap yang mudah di atas bermanfaat bagi para pembaca.