Bangsa adalah kumpulan dari masyarakat yang membentuk negara, yang dalam arti sosiologis termasuk kelompok paguyuban yang secara kodrat ditakdirkan hidup bersama dan senasib sepenanggungan di dalam suatu negara ibarat Negara Republik Indonesia yang ditakdirkan terdiri dari aneka macam suku bangsa. Budiyanto dalam Suhady dan Sinaga (2006) mengemukakan pendapat beberapa pakar kenegaraan wacana Pengertian Bangsa sebagai berikut:
Pengertian Bangsa
NAMA PROGRAM DIKLAT NOMOR KODE DIKLAT DESKRIPSI SINGKAT Penyegaran Dibidang Penilaian Usaha Maksud dan tujuan diajarkannya mata diklat ini yakni semoga penerima diklat sanggup menerapkan kompetensi sebagai penilai dengan menerapkan aplikasi evaluasi perjuangan dalam menuntaskan Kasus dan penyusunan laporan evaluasi perjuangan atas suatu Proposal Usaha NAMA MATA PELAJARAN Kasus dan Penyusunan Laporan Penilaian Usaha 7 Pengertian Bangsa TUJUAN PROGRAM DIKLAT JUMLAH JAMLAT STANDAR KOMPETENSI Setelah mengikuti mata diklat ini, penerima dibutuhkan bisa menerapkan aplikasi evaluasi perjuangan dalam menuntaskan Kasus dan penyusunan laporan evaluasi perjuangan atas suatu Proposal Usaha 9 Jamlat ; @ 45 menit Setelah mengikuti diklat ini penerima dibutuhkan bisa menerapkan kompetensi sebagai penilai dalam mendukung kiprah dan fungsi organisasi dengan baik sesuai ketentuan yang berlaku PRAKTEK Metode Pembelajaran Media Pembelajaran TEORI Metode Pembelajaran Media Pembelajaran No KOMPETENSI DASAR INDIKATOR PENCAPAIAN POKOK BAHASAN SUB POKOK BAHASAN Waktu Waktu Setelah simpulan mengikuti pembelajaran ini penerima diklat dibutuhkan mampu: Setelah simpulan mengikuti pembelajaran ini penerima diklat dibutuhkan mampu: Menunjukkan aplikasi evaluasi perjuangan dalam menuntaskan Kasus dan penyusunan laporan evaluasi perjuangan atas atas suatu Proposal Mandiri dan Menara BTS Menunjukkan konsep evaluasi tanah atas perhitungan sewa yang memakai formula tarip sewa a. Mencari data pembanding harga tanah b. Menentukan unsur pembanding harga tanah c. Melakukan pembiasaan nilai tanah 4 Ceramah Tanya Jawab Referensi LCD White board Flipchart Menggunakan 45 0 konsep evaluasi tanah atas perhitungan sewa yang memakai formula tarip sewa evaluasi tanah atas perhitungan sewa yang memakai formula tarip sewa Menunjukkan konsep evaluasi sewa tanah ujntuk Billboard a. Mencari data pembanding sewa kantin b. Menentukan unsur pembanding sewa kantin c. Melakukan pembiasaan Penyegaran Dibidang Penilaian Usaha Maksud dan tujuan diajarkannya mata diklat ini yakni semoga penerima diklat sanggup menerapkan kompetensi sebagai Penilai dengan melakukan evaluasi sewa NAMA MATA PELAJARAN Penilaian Sewa 6 TUJUAN PROGRAM DIKLAT Pengertian Bangsa JUMLAH JAMLAT STANDAR KOMPETENSI Setelah mengikuti mata diklat ini, penerima dibutuhkan bisa melakukan evaluasi sewa dengan benar sesuai ketentuan yang berlaku 5 Jamlat ; @ 45 menit PRAKTEK Metode Pembelajaran Media Pembelajaran TEORI Metode Pembelajaran Media Pembelajaran No KOMPETENSI DASAR INDIKATOR PENCAPAIAN POKOK BAHASAN SUB POKOK BAHASAN Waktu Waktu Setelah simpulan mengikuti pembelajaran ini penerima diklat dibutuhkan mampu: Setelah simpulan mengikuti pembelajaran ini penerima diklat dibutuhkan mampu: Menunjukkan konsep evaluasi ruang sewa kantor a. Mencari data pembanding sewa kantor b. Menentukan unsur pembanding sewa kantor c. Melakukan pembiasaan nilai indikasi sewa kantor 1 Ceramah Tanya Jawab Referensi LCD White board Flipchart Menggunakan 45 0 konsep evaluasi ruang sewa kantor Penilaian Ruang Sewa Kantor Menunjukkan konsep evaluasi ruang koperasi, minimarket dan kantin a. Mencari data pembanding sewa koperasi , minimarket dan kantin b. Menentukan unsur pembanding sewa koperasi , minimarket dan kantin c. Melakukan pembiasaan nilai indikasi sewa koperasi , minimarket dan kantin 2 Ceramah Tanya Jawab Referensi LCD White board FlipchartPengertian Bangsa Menggunakan 45 0 konsep evaluasi sewa koperasi, minimarket dan kantin Penilaian Ruang Sewa koperasi, minimarket dan kantin Menunjukkan konsep evaluasi ruang sewa ATM a. Mencari data pembanding sewa ATM Mandiri dan Menara BTS 3 Ceramah Tanya Seluruh proses berguru mengajar dilaksanakan secara terpola dengan memakai metode andragogi, yaitu metode berguru bagi orang dewasa. Penggunaan metode ini akan membuat suatu hubungan diagonal antara pengajar dengan penerima dan antar sesama peserta. Untuk tercapainya tujuan proses berguru mengajar tersebut dilaksanakan dengan metode antara lain: 1. Ceramah; 2. Tanya jawab; 3. Diskusi; 4. Simulasi; 5. Latihan; 6. Studi kasus. B. Kurikulum Kurikulum DTSS Penilaian Bisnis Dasar terdiri dari 103 jamlat (9 Mata Diklat Pokok dan 4 Mata Diklat Penunjang), Ceramah 8 jamlat, dan PKL (Studi Kasus) 24 jamlat, sehingga total 135 jamlat (1 jamlat = 45 menit). NO MATA DIKLAT DURASI I Mata Diklat Pokok 1. Konsep Dasar Penilaian Bisnis 5 jamlat 2. Konsep Dasar Keuangan Perusahaan 14 jamlat 3. Konsep Dasar dan Analisis Strategi Bisnis 4 jamlat 4. Analisis Prospek Perusahaan 8 jamlat 5. Analisis Laporan Keuangan 10 jamlat 6. Pendekatan Data Pasar 10 jamlat 7. Pendekatan Pendapatan 10 jamlat 8. Pendekatan Neraca 8 jamlat 9. Laporan Penilaian 6 jamlat Total 75 jamlat II Mata Diklat Penunjang 1. Pengantar Pasar Modal 8 jamlat 2. Hukum Bisnis 5 jamlat 3. Excel for Budgeting and Financial Planning 10 jamlat 4. KEPI dan SPI (Penilaian Bisnis) 5 jamlat Total 28 jamlat III Ceramah 1. Pimpinan 2 jamlat 2. Current Issue 2 jamlat 3. Integritas dan Anti Korupsi 2 jamlat 4. Building Learning Commitment 2 jamlat Total 8 jamlat IV PKL (Studi Kasus) 1. Penulisan 16 jamlat 2. Presentasi 8 jamlatPengertian Bangsa Total 24 jamlat Total Jamlat Keseluruhan 135 jamlat V Evaluasi 1. Ujian tertulis untuk setiap mata diklat pokok 600 menit 2. Mata diklat penunjang yang diujikan: Excel for Budgeting and Financial Planning C. Silabus 1. Konsep Dasar Penilaian Bisnis Maksud dan tujuan diajarkannya mata diklat ini yakni semoga penerima diklat bisa memakai konsep dasar evaluasi bisnis dengan baik sesuai ketentuan yang berlaku. Metode pembelajaran yang dipakai dalam mata diklat ini yakni ceramah dan tanya jawab. Pokok bahasan: a. Konsep dan evaluasi bisnis; b. Pemahaman bisnis atas objek yang dinilai; c. Pendekatan pendapatan; d. Pendekatan data pasar; e. Pendekatan aktiva/neraca; f. Pelaporan hasil evaluasi bisnis. 2. Konsep Dasar Keuangan Perusahaan Maksud dan tujuan diajarkannya mata diklat ini yakni semoga penerima diklat bisa memakai konsep dasar keuangan perusahaan dengan baik sesuai ketentuan yang berlaku. Metode pembelajaran yang dipakai dalam mata diklat ini yakni ceramah, diskusi dan tanya jawab. Pokok bahasan: a. Struktur keuangan dan struktur modal; b. Risk dan rate of return; c. Future value; d. Present value; e. Konsep capital budgeting. 3. Konsep Dasar dan Analisis Strategi Bisnis Maksud dan tujuan diajarkannya mata diklat ini yakni semoga penerima diklat bisa memakai konsep dasar dan analisis taktik bisnis dengan baik sesuai ketentuan yang berlaku. Metode pembelajaran yang dipakai dalam mata diklat ini yakni ceramah, tanya jawab dan simulasi. Pokok bahasan: a. Penciptaan nilai perusahaan; b. Anlisis lingkungan eksternal. 4. Analisis Propspek Perusahaan Maksud dan tujuan diajarkannya mata diklat ini yakni semoga penerima diklat bisa memakai metode analisis prospek perusahaan dengan baik sesuai ketentuan yang berlaku. Metode pembelajaran yang dipakai dalam mata diklat ini yakni ceramah, tanya jawab dan simulasi. Pokok bahasan:Pengertian Bangsa. a. Perencanaan dan Pengendalian; b. Nilai perusahaan – two stage model; c. Kunci pemicu nilai; d. Peramalan kinerja perusahaan; e. Proforma financial statement dan proyeksi kebutuhan dana.
NAMA PROGRAM DIKLAT NOMOR KODE DIKLAT DESKRIPSI SINGKAT Penyegaran Dibidang Penilaian Usaha Maksud dan tujuan diajarkannya mata diklat ini yakni semoga penerima diklat sanggup menerapkan kompetensi sebagai penilai dengan menerapkan aplikasi evaluasi perjuangan dalam menuntaskan Kasus dan penyusunan laporan evaluasi perjuangan atas suatu Proposal Usaha NAMA MATA PELAJARAN Kasus dan Penyusunan Laporan Penilaian Usaha 7 Pengertian Bangsa TUJUAN PROGRAM DIKLAT JUMLAH JAMLAT STANDAR KOMPETENSI Setelah mengikuti mata diklat ini, penerima dibutuhkan bisa menerapkan aplikasi evaluasi perjuangan dalam menuntaskan Kasus dan penyusunan laporan evaluasi perjuangan atas suatu Proposal Usaha 9 Jamlat ; @ 45 menit Setelah mengikuti diklat ini penerima dibutuhkan bisa menerapkan kompetensi sebagai penilai dalam mendukung kiprah dan fungsi organisasi dengan baik sesuai ketentuan yang berlaku PRAKTEK Metode Pembelajaran Media Pembelajaran TEORI Metode Pembelajaran Media Pembelajaran No KOMPETENSI DASAR INDIKATOR PENCAPAIAN POKOK BAHASAN SUB POKOK BAHASAN Waktu Waktu Setelah simpulan mengikuti pembelajaran ini penerima diklat dibutuhkan mampu: Setelah simpulan mengikuti pembelajaran ini penerima diklat dibutuhkan mampu: Menunjukkan aplikasi evaluasi perjuangan dalam menuntaskan Kasus dan penyusunan laporan evaluasi perjuangan atas atas suatu Proposal Mandiri dan Menara BTS Menunjukkan konsep evaluasi tanah atas perhitungan sewa yang memakai formula tarip sewa a. Mencari data pembanding harga tanah b. Menentukan unsur pembanding harga tanah c. Melakukan pembiasaan nilai tanah 4 Ceramah Tanya Jawab Referensi LCD White board Flipchart Menggunakan 45 0 konsep evaluasi tanah atas perhitungan sewa yang memakai formula tarip sewa evaluasi tanah atas perhitungan sewa yang memakai formula tarip sewa Menunjukkan konsep evaluasi sewa tanah ujntuk Billboard a. Mencari data pembanding sewa kantin b. Menentukan unsur pembanding sewa kantin c. Melakukan pembiasaan Penyegaran Dibidang Penilaian Usaha Maksud dan tujuan diajarkannya mata diklat ini yakni semoga penerima diklat sanggup menerapkan kompetensi sebagai Penilai dengan melakukan evaluasi sewa NAMA MATA PELAJARAN Penilaian Sewa 6 TUJUAN PROGRAM DIKLAT Pengertian Bangsa JUMLAH JAMLAT STANDAR KOMPETENSI Setelah mengikuti mata diklat ini, penerima dibutuhkan bisa melakukan evaluasi sewa dengan benar sesuai ketentuan yang berlaku 5 Jamlat ; @ 45 menit PRAKTEK Metode Pembelajaran Media Pembelajaran TEORI Metode Pembelajaran Media Pembelajaran No KOMPETENSI DASAR INDIKATOR PENCAPAIAN POKOK BAHASAN SUB POKOK BAHASAN Waktu Waktu Setelah simpulan mengikuti pembelajaran ini penerima diklat dibutuhkan mampu: Setelah simpulan mengikuti pembelajaran ini penerima diklat dibutuhkan mampu: Menunjukkan konsep evaluasi ruang sewa kantor a. Mencari data pembanding sewa kantor b. Menentukan unsur pembanding sewa kantor c. Melakukan pembiasaan nilai indikasi sewa kantor 1 Ceramah Tanya Jawab Referensi LCD White board Flipchart Menggunakan 45 0 konsep evaluasi ruang sewa kantor Penilaian Ruang Sewa Kantor Menunjukkan konsep evaluasi ruang koperasi, minimarket dan kantin a. Mencari data pembanding sewa koperasi , minimarket dan kantin b. Menentukan unsur pembanding sewa koperasi , minimarket dan kantin c. Melakukan pembiasaan nilai indikasi sewa koperasi , minimarket dan kantin 2 Ceramah Tanya Jawab Referensi LCD White board FlipchartPengertian Bangsa Menggunakan 45 0 konsep evaluasi sewa koperasi, minimarket dan kantin Penilaian Ruang Sewa koperasi, minimarket dan kantin Menunjukkan konsep evaluasi ruang sewa ATM a. Mencari data pembanding sewa ATM Mandiri dan Menara BTS 3 Ceramah Tanya Seluruh proses berguru mengajar dilaksanakan secara terpola dengan memakai metode andragogi, yaitu metode berguru bagi orang dewasa. Penggunaan metode ini akan membuat suatu hubungan diagonal antara pengajar dengan penerima dan antar sesama peserta. Untuk tercapainya tujuan proses berguru mengajar tersebut dilaksanakan dengan metode antara lain: 1. Ceramah; 2. Tanya jawab; 3. Diskusi; 4. Simulasi; 5. Latihan; 6. Studi kasus. B. Kurikulum Kurikulum DTSS Penilaian Bisnis Dasar terdiri dari 103 jamlat (9 Mata Diklat Pokok dan 4 Mata Diklat Penunjang), Ceramah 8 jamlat, dan PKL (Studi Kasus) 24 jamlat, sehingga total 135 jamlat (1 jamlat = 45 menit). NO MATA DIKLAT DURASI I Mata Diklat Pokok 1. Konsep Dasar Penilaian Bisnis 5 jamlat 2. Konsep Dasar Keuangan Perusahaan 14 jamlat 3. Konsep Dasar dan Analisis Strategi Bisnis 4 jamlat 4. Analisis Prospek Perusahaan 8 jamlat 5. Analisis Laporan Keuangan 10 jamlat 6. Pendekatan Data Pasar 10 jamlat 7. Pendekatan Pendapatan 10 jamlat 8. Pendekatan Neraca 8 jamlat 9. Laporan Penilaian 6 jamlat Total 75 jamlat II Mata Diklat Penunjang 1. Pengantar Pasar Modal 8 jamlat 2. Hukum Bisnis 5 jamlat 3. Excel for Budgeting and Financial Planning 10 jamlat 4. KEPI dan SPI (Penilaian Bisnis) 5 jamlat Total 28 jamlat III Ceramah 1. Pimpinan 2 jamlat 2. Current Issue 2 jamlat 3. Integritas dan Anti Korupsi 2 jamlat 4. Building Learning Commitment 2 jamlat Total 8 jamlat IV PKL (Studi Kasus) 1. Penulisan 16 jamlat 2. Presentasi 8 jamlatPengertian Bangsa Total 24 jamlat Total Jamlat Keseluruhan 135 jamlat V Evaluasi 1. Ujian tertulis untuk setiap mata diklat pokok 600 menit 2. Mata diklat penunjang yang diujikan: Excel for Budgeting and Financial Planning C. Silabus 1. Konsep Dasar Penilaian Bisnis Maksud dan tujuan diajarkannya mata diklat ini yakni semoga penerima diklat bisa memakai konsep dasar evaluasi bisnis dengan baik sesuai ketentuan yang berlaku. Metode pembelajaran yang dipakai dalam mata diklat ini yakni ceramah dan tanya jawab. Pokok bahasan: a. Konsep dan evaluasi bisnis; b. Pemahaman bisnis atas objek yang dinilai; c. Pendekatan pendapatan; d. Pendekatan data pasar; e. Pendekatan aktiva/neraca; f. Pelaporan hasil evaluasi bisnis. 2. Konsep Dasar Keuangan Perusahaan Maksud dan tujuan diajarkannya mata diklat ini yakni semoga penerima diklat bisa memakai konsep dasar keuangan perusahaan dengan baik sesuai ketentuan yang berlaku. Metode pembelajaran yang dipakai dalam mata diklat ini yakni ceramah, diskusi dan tanya jawab. Pokok bahasan: a. Struktur keuangan dan struktur modal; b. Risk dan rate of return; c. Future value; d. Present value; e. Konsep capital budgeting. 3. Konsep Dasar dan Analisis Strategi Bisnis Maksud dan tujuan diajarkannya mata diklat ini yakni semoga penerima diklat bisa memakai konsep dasar dan analisis taktik bisnis dengan baik sesuai ketentuan yang berlaku. Metode pembelajaran yang dipakai dalam mata diklat ini yakni ceramah, tanya jawab dan simulasi. Pokok bahasan: a. Penciptaan nilai perusahaan; b. Anlisis lingkungan eksternal. 4. Analisis Propspek Perusahaan Maksud dan tujuan diajarkannya mata diklat ini yakni semoga penerima diklat bisa memakai metode analisis prospek perusahaan dengan baik sesuai ketentuan yang berlaku. Metode pembelajaran yang dipakai dalam mata diklat ini yakni ceramah, tanya jawab dan simulasi. Pokok bahasan:Pengertian Bangsa. a. Perencanaan dan Pengendalian; b. Nilai perusahaan – two stage model; c. Kunci pemicu nilai; d. Peramalan kinerja perusahaan; e. Proforma financial statement dan proyeksi kebutuhan dana.