Soal Bahasa Indonesia kelas 10 semester 2 kurikulum 2013 bagian ketiga ini, berisikan materi yang sama dengan soal essay bagian ke-2, yaitu tentang debat. Dan soal PG bagian ketiga, merupakan lanjutan dari soal PG Bagian pertama dan kedua (soal nomor 11-25) dengan materi yang berbeda.
Berikut, contoh soal PG Bahasa Indonesia kelas X semester genap K13 beserta jawabannya, untuk siswa SMA/SMK/MAK/MA/Sederajat, dimulai dari soal nomor 26.
26. Pada dasarnya, menulis menulis kerangka sebuah debat tidak jauh berbeda dengan kerangka dasar jurnal atau pidato. Namun, dalam membuat kerangka debat harus .... dengan baik.
a. terlihat
b. terstruktur
c. terakomodir
d. terencana
e. teramati
jawaban: b
27. Salah satu bentuk perdebatan yang banyak digunakan. Pada paruh waktu pertama perdebatan, setiap tim memiliki dua segmen untuk menyajikan argumen. Hal tersebut merupakan pengertian debat...
a. antartim
b. publik
c. formal
d. bebas
e. Lincoln-Douglas
jawaban: a
28. Dalam kegiatan debat, kita diberi kesepakatan untuk menyampaikan pendapat atau snggahan yang ditujukan pada....
a. narasumber
b. lawan debat
c. moderator
d. pembicara
e. penengah
jawaban: b
29. Pentingnya membuat kerangka (bagan) untuk sebuah acara perdebatan merupakan salah satu kewajiaban seseorang .... sebelum melakukan debat.
a. tim debat
b. panelis
c. lawan debat
d. moderator
e. narasumber
jawaban: d
30. Dalam kegiatan debat, moderator layaknya seorang wasit dalam pertandingan. Untuk itu, moderator yang dipilih harus....
a. baik
b. memihak salah satu peserta
c. tidak mau peduli terhadap jalannya debat
d. memebuat suasana memanas
e. netral atau tidak memihak salah satu peserta debat
jawaban: e
31. Kegiatan adu argumentasi dalam memutuskan masalah dan perbedaan, yang dilakukan dua pihak atau lebih, baik secara perorangan maupun kelompok. Pernyataan tersebut merupakan pengertian dari....
a. debat
b. argumen
c. diskusi
d. seminar
e. simposium
jawaban: a
32. Kegiatan debat yang dilakukan oleh anggota parlemen termasuk jenis debat....
a. informal
b. formal
c. terstruktur
d. ada aturannya
e. terencana
jawaban: b
33. Mungkin sebagian dari kita berfikir bahwa debat merupakan kegiatan mematahkan pendapat lawan. Sebenarnya debat adalah bagaimana cara kita (debater) membuat orang lain....
a. membela kita
b. memberikan yang terbaik
c. terpengaruh dan setuju dengan argumen yang disampaikan
d. membuat audiens terpukau karna kita mampu menjatuhkan lawan debat
e. membuat lawan debat mengamuk.
Jawaban: c
34. Salah satu metode yang dapat digunakan dalam debat adalah metode....
a. langka
b. menjatuhkan lawan
c. mengkritik lawan
d. terpatahkan
e. logika
jawaban: e
35. Salah satu manfaat membuat kerangka debat adalah....
a. memudahkan menjatuhkan lawan debat
b. menilai kerja lawan
c. membuat argumen-argumen yang tepat
d. memudahkan dalam menentukan sebuah topik
e. memilih cara damai
jawaban: d
Lanjut ke soal nomor 36-50 => Soal Bahasa Indonesia Kelas X Semester 2 Kurikulum 2013 (Pilihan Ganda Wajib) Part-4
Berikut, contoh soal PG Bahasa Indonesia kelas X semester genap K13 beserta jawabannya, untuk siswa SMA/SMK/MAK/MA/Sederajat, dimulai dari soal nomor 26.
26. Pada dasarnya, menulis menulis kerangka sebuah debat tidak jauh berbeda dengan kerangka dasar jurnal atau pidato. Namun, dalam membuat kerangka debat harus .... dengan baik.
a. terlihat
b. terstruktur
c. terakomodir
d. terencana
e. teramati
jawaban: b
27. Salah satu bentuk perdebatan yang banyak digunakan. Pada paruh waktu pertama perdebatan, setiap tim memiliki dua segmen untuk menyajikan argumen. Hal tersebut merupakan pengertian debat...
a. antartim
b. publik
c. formal
d. bebas
e. Lincoln-Douglas
jawaban: a
28. Dalam kegiatan debat, kita diberi kesepakatan untuk menyampaikan pendapat atau snggahan yang ditujukan pada....
a. narasumber
b. lawan debat
c. moderator
d. pembicara
e. penengah
jawaban: b
29. Pentingnya membuat kerangka (bagan) untuk sebuah acara perdebatan merupakan salah satu kewajiaban seseorang .... sebelum melakukan debat.
a. tim debat
b. panelis
c. lawan debat
d. moderator
e. narasumber
jawaban: d
30. Dalam kegiatan debat, moderator layaknya seorang wasit dalam pertandingan. Untuk itu, moderator yang dipilih harus....
a. baik
b. memihak salah satu peserta
c. tidak mau peduli terhadap jalannya debat
d. memebuat suasana memanas
e. netral atau tidak memihak salah satu peserta debat
jawaban: e
a. debat
b. argumen
c. diskusi
d. seminar
e. simposium
jawaban: a
32. Kegiatan debat yang dilakukan oleh anggota parlemen termasuk jenis debat....
a. informal
b. formal
c. terstruktur
d. ada aturannya
e. terencana
jawaban: b
33. Mungkin sebagian dari kita berfikir bahwa debat merupakan kegiatan mematahkan pendapat lawan. Sebenarnya debat adalah bagaimana cara kita (debater) membuat orang lain....
a. membela kita
b. memberikan yang terbaik
c. terpengaruh dan setuju dengan argumen yang disampaikan
d. membuat audiens terpukau karna kita mampu menjatuhkan lawan debat
e. membuat lawan debat mengamuk.
Jawaban: c
34. Salah satu metode yang dapat digunakan dalam debat adalah metode....
a. langka
b. menjatuhkan lawan
c. mengkritik lawan
d. terpatahkan
e. logika
jawaban: e
35. Salah satu manfaat membuat kerangka debat adalah....
a. memudahkan menjatuhkan lawan debat
b. menilai kerja lawan
c. membuat argumen-argumen yang tepat
d. memudahkan dalam menentukan sebuah topik
e. memilih cara damai
jawaban: d
Lanjut ke soal nomor 36-50 => Soal Bahasa Indonesia Kelas X Semester 2 Kurikulum 2013 (Pilihan Ganda Wajib) Part-4