Jumat, 25 Agustus 2017

Tuah Batu Kecubung

Batu Kecubung - Batu mulia saat ini tidak sekadar untuk pelengkap penampilan saja namun sudah berkembang menjadi sebuah investasi menguntungkan. Akhir-akhir ini batu alam ini semakin sering dicari orang. Bila anda adalah penggemar atau malah kolektor batu mulia pasti tak asing lagi dengan yang namanya batu Kecubung. Batu Kecubung adalah salah satu batu mulia yang sering diburu para penggemar meski harganya sekarang ini makin mahal saja.
harga batu kecubung,batu kecubung asihan,batu kecubung kalimantan,batu kecubung hitam,batu kecubung wulung,batu kecubung ungu,batu kecubung tanah,batu kecubung air,
Baca juga : Pesona Batu Kalimaya

Batu kecubung atau nama lainnya adalah Amethyst berwarna dasar ungu dan termasuk dalam batuan mineral supercomposite yang terjalin dari lamella menyerupai belang selang-seling kiri dan kanan. Susunan tersebut ditimbulkan oleh tekanan mekanis yang berlangsung dalam lapisan bumi hingga jutaan tahun lamanya.

Batu Kecubung dijuluki juga sebagai batu permata kelas 2. Jenis batu mulia ini tak sulit didapatkan di Indonesia, terutama di wilayah Kalimantan. Pulau Kalimantan lapisan tanahnya banyak mengandung batu Kecubung.  Kota Martapura di Kalimantan Selatan dan kota Pangkalan Bun di Kalimantan Tengah adalah dua kota yang memiliki deretan kios yang memajang batu Kecubung  dengan beragam kualitas tentunya dengan beragam harga pula.

Pada mitologi Yunani, amethyst merupakan nama seorang perempuan cantik yang disihir Dewi Diana menjadi batu permata. Masyarakat Yunani percaya bahwa dengan mencelupkan batu Kecubung atau Amethyst ke minuman arak akan melindunginya dari mabuk. Karena itu masyarakat Barat pun percaya bahwa dengan mencelupkan amethyst yang dimilikinya ke dalam segelas minuman alkohol akan bisa menormalkan pengaruh adiktif yang diakibatkan alkohol, dan juga melindungi mereka supaya tidak sampai mabuk.
harga batu kecubung,batu kecubung asihan,batu kecubung kalimantan,batu kecubung hitam,batu kecubung wulung,batu kecubung ungu,batu kecubung tanah,batu kecubung air,

Ada lagi kepercayaan yang berkembang di kalangan penggemar batu mulia bahwa batu Kecubung cocok dikenakan oleh mereka dengan bintang Aquarius atau yang lahir di bulan Februari. Seseorang dengan zodiak Aquarius bila memakai batu Kecubung untuk perhiasan di tubuhnya maka akan terjadi penyatuan energi dari dalam batu dan energi pemiliknya untuk menghasilkan aura positif.

Di samping untuk perhiasan, batu Kecubung pun diyakini mempunyai manfaat lain misalnya batu Kecubung Khasian yang konon kabarnya memiliki keampuhan dalam memperoleh perhatian orang lain sekaligus tolak-bala bagi siapa saja yang memakainya. Ada lagi batu Kecubung Combong dimana pemakainya akan memiliki kekuatan magis. Batu Kecubung Combong mudah dikenali karena berlubang hingga ke bawah.  Guna mendapatkan batu Kecubung bertuah para pengrajin harus memolesnya secara alami, jangan sampai terkena alat-alat modern. Malah juga para pengrajinnya mesti melakukan ritual puasa dengan jangka waktu tertentu. Anda boleh percaya dan boleh juga tidak, namun yang pasti batu Kecubung bermutu tinggi sungguh terlihat cantik bila bertahta pada jari-jemari anda.