Mengadakan Kegiatan Amal. Hari ini di perpustakaan SD Nusantara terlihat sangat ramai. Ada banyak anak-anak berkumpul di sana. Siti dan teman-teman sedang menerima sumbangan barang bekas. Barang bekas akan digunakan untuk kegiatan amal. SD Nusantara berencana mengadakan kegiatan penjualan barang bekas. Barang bekas tersebut harus masih bisa digunakan dan dijual dengan harga murah. Barang bekas dikumpulkan dari semua siswa SD Nusantara.
Selain barang bekas, mereka juga mengumpulkan buku bekas. Buku bekas akan dikirimkan ke sekolah atau tempat yang membutuhkan.
Siti dan teman-teman bekerja secara bergantian. Mereka mencatat dan mengumpulkan barang yang
diterima. Mereka juga membantu mempersiapkan semua keperluan kegiatan amal dengan baik.
Mereka juga selalu berdiskusi untuk mempersiapkan kegiatan agar berjalan dengan baik.
Kegiatan berbagi dengan sesama yang membutuhkan merupakan kegiatan yang sangat baik. Kegiatan ini menunjukkan sikap kepedulian terhadap sesama, gotong royong, dan saling menolong.
Ayo Berdiskusi
Diskusikan bersama temanmu. Carilah contoh sikap pengamalan sila Pancasila yang sesuai dengan bacaan tersebut!
Diskusikan sikap yang dapat kamu lakukan untuk mengamalkan sila kedua Pancasila! Sampaikan hasil diskusi kepada teman-temanmu yang lain!
Ayo Berlatih
Berikut ini adalah data banyaknya sumbangan buku dalam waktu satu minggu.
Pembuatan diagram akan menggunakan tanda ⊕ Setiap satu tanda ⊕ mewakili 2 buah buku. Tanda ⊕⊕berarti ada 4 buah buku. Tanda ⊕⊕⊕ berarti 6 buah buku.
Diagram akan digambar seperti berikut ini!
Jawablah pertanyaan berikut sesuai diagram yang tersedia!
Buatlah diagram dengan menggunakan data berikut ini! Gunakan tanda ☆ untuk mewakili setiap 5 orang!
Gambarkan data dalam tabel berikut!
Siti dan teman-teman berlatih membuat denah untuk lokasi kegiatan amal. Mereka berencana melaksanakan kegiatan di lapangan upacara.
Ada tiga meja untuk menjual mainan bekas. Semua meja penjualan mainan bekas menghadap ke arah
barat.
Ada tiga meja untuk penjualan sepatu bekas. Semua meja penjualan sepatu bekas menghadap ke arah timur.
Ada empat meja untuk penjualan buku bekas. Semua meja penjualan buku bekas menghadap ke arah selatan.
Ada lima meja untuk penjualan baju bekas. Semua meja penjualan buku bekas menghadap ke arah utara.
Buatlah denah berdasarkan informasi tersebut!
Andaikan kegiatan tersebut dilakukan di sekolahmu. Jelaskan beberapa hal berikut! Di mana kegiatan akan dilakukan? (Kegiatan dilakukan di halaman sekolah) Jelaskan arah perjalanan dari gerbang sekolah menuju tempat kegiatan amal! (Dari gerbang sekolah berjalan ke arah barat )
Selain barang bekas, mereka juga mengumpulkan buku bekas. Buku bekas akan dikirimkan ke sekolah atau tempat yang membutuhkan.
Siti dan teman-teman bekerja secara bergantian. Mereka mencatat dan mengumpulkan barang yang
diterima. Mereka juga membantu mempersiapkan semua keperluan kegiatan amal dengan baik.
Mereka juga selalu berdiskusi untuk mempersiapkan kegiatan agar berjalan dengan baik.
Kegiatan berbagi dengan sesama yang membutuhkan merupakan kegiatan yang sangat baik. Kegiatan ini menunjukkan sikap kepedulian terhadap sesama, gotong royong, dan saling menolong.
Ayo Berdiskusi
Diskusikan bersama temanmu. Carilah contoh sikap pengamalan sila Pancasila yang sesuai dengan bacaan tersebut!
No | Sila Pancasila | Contoh Sikap |
---|---|---|
1 | Sila pertama Ketuhanan yang Maha Esa | Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa. |
2 | Sila kedua Kemanusiaan yang adil dan beradab | Menolong teman yang sedang mengalami kesusahan |
3 | Sila ketiga Persatuan Indonesia | Bekerja sama dan saling menolong |
4 | Sila keempat Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmah kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan | Mendamaikan teman yang sedang berselisih |
4 | Sila kelima Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia | Membagi tugas secara adil kepada semua anggota kelompok |
Diskusikan sikap yang dapat kamu lakukan untuk mengamalkan sila kedua Pancasila! Sampaikan hasil diskusi kepada teman-temanmu yang lain!
Ayo Berlatih
Berikut ini adalah data banyaknya sumbangan buku dalam waktu satu minggu.
No | Hari | Banyak sumbangan buku |
---|---|---|
1 | Senin | 20 |
2 | Selasa | 14 |
3 | Rabu | 4 |
4 | Kamis | 10 |
5 | Jumat | 8 |
6 | Sabtu | 12 |
Pembuatan diagram akan menggunakan tanda ⊕ Setiap satu tanda ⊕ mewakili 2 buah buku. Tanda ⊕⊕berarti ada 4 buah buku. Tanda ⊕⊕⊕ berarti 6 buah buku.
Diagram akan digambar seperti berikut ini!
Jawablah pertanyaan berikut sesuai diagram yang tersedia!
- Berapa banyak buku sumbangan yang diterima pada hari Jumat? (8 buah)
- Berapa banyak buku sumbangan yang diterima pada hari Sabtu? (12 buah)
- Hari apakah terdapat buku sumbangan paling banyak?(senin 20 buah)
- Hari apakah terdapat buku sumbangan paling sedikit? (Rabu 4 buah)
- Berapa banyak perbedaan buku sumbangan pada hari Rabu dan Sabtu?(8 buah)
- Berapa banyak perbedaan buku sumbangan pada hari Senin dan Selasa?(6 buah)
- Berapa banyak perbedaan buku sumbangan pada hari Kamis dan Jumat?(2 buah)
- Berapa banyak buku sumbangan dari hari Senin sampai Selasa?(34 buah)
- Berapa banyak buku sumbangan dari hari Senin sampai Rabu?(38 buah)
- Berapa banyak buku sumbangan dari Senin sampai Sabtu?(68 buah)
Buatlah diagram dengan menggunakan data berikut ini! Gunakan tanda ☆ untuk mewakili setiap 5 orang!
No | Nama Barang Bekas | Banyak sumbangan buku |
---|---|---|
1 | Mainan bekas | 15 |
2 | Sepatu bekas | 35 |
3 | Buku bekas | 40 |
4 | Baju bekas | 55 |
Gambarkan data dalam tabel berikut!
Siti dan teman-teman berlatih membuat denah untuk lokasi kegiatan amal. Mereka berencana melaksanakan kegiatan di lapangan upacara.
Ada tiga meja untuk menjual mainan bekas. Semua meja penjualan mainan bekas menghadap ke arah
barat.
Ada tiga meja untuk penjualan sepatu bekas. Semua meja penjualan sepatu bekas menghadap ke arah timur.
Ada empat meja untuk penjualan buku bekas. Semua meja penjualan buku bekas menghadap ke arah selatan.
Ada lima meja untuk penjualan baju bekas. Semua meja penjualan buku bekas menghadap ke arah utara.
Buatlah denah berdasarkan informasi tersebut!
Andaikan kegiatan tersebut dilakukan di sekolahmu. Jelaskan beberapa hal berikut! Di mana kegiatan akan dilakukan? (Kegiatan dilakukan di halaman sekolah) Jelaskan arah perjalanan dari gerbang sekolah menuju tempat kegiatan amal! (Dari gerbang sekolah berjalan ke arah barat )