– Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 3 Makanan Sehat, Subtema 2 Pentingnya Makanan Sehat bagi Tubuh, Halaman 46, 47, 48, 49, 51
Tema 3 Kelas 5 SD Subtema 2 Pembelajran 1
Kunci Jawaban Tematik Halaman 46
Ayo Membaca
Bacalah percakapan di bawah ini dengan cermat!Dayu: “Semalam aku melihat iklan tentang obat sakit perut baru untuk anakanak di televisi, lho!”
Udin: “Wah, sudah ada iklan baru lagi? Sepertinya itu produk baru, ya?”
Dayu: “Betul! Iklan itu menarik karena iklannya dibuat seperti film.”
Lani: “Ternyata media iklan itu bermacam-macam, ya! Kalau kamu, suka iklan di media cetak seperti di koran dan majalah atau media elektronik?”
Udin: “Kalau aku lebih suka media elektronik karena gambarnya dapat bergerak dan ada suaranya. Jadi lebih seru!”
Lani: “Kalau aku suka kedua-duanya. Sekalipun iklan di media elektronik memang terdengar lebih seru, tetapi iklan di media cetak juga banyak yang bagus. Gambar-gambar yang dipergunakan memiliki warna yang cerah dan kalimat iklannya juga bagus-bagus.
Dari percakapan di atas, tuliskan perbedaan antara iklan media cetak dan iklan media elektronik. Samakan pendapatmu dengan pendapat temanmu. Apabila kamu menemukan pendapat yang berbeda lengkapi pendapatmu dengan pendapat temanmu.
No | Media Cetak | Media Elektronik |
1 | Melalui proses percetakan | Melalui proses pemancaran/tranmisi. |
2 | Isi pesan tercetak, dapat dibaca dimana dan kapan saja. | Isi pesan audio dapat didengar sekilas sewaktu ada siaran. |
3 | Isi pesan dapat dibaca berulang-ulang. | Isi pesan tidak dapat diulang. |
4 | Hanya menyajikan peristiwa/pendapat yang telah terjadi. | Mampu menyajikan peristiwa/pendapat yang telah ataupun sedang terjadi. |
5 | Tidak dapat menyajikan pendapat narasumber secara langsung (audio). | Dapat menyajikan pendapat (audio) narasumber secara langsung (orisinal). |
6 | Penulis dibatasi oleh kolom dan halaman. | Penulisan dibatasi oleh detik, menit, dan jam. |
7 | Makna berkala dibatasi oleh hari, minggu dan bulan. | Makna berkala dibatasi oleh detik, menit dan jam. |
8 | Distribusi melalui transportasi darat/laut/udara. | Distribusi melalui pemancar/tranmisi. |
9 | Bahasa yang digunakan (cenderung) formal. | Bahasa yang digunakan formal dan nonformal (bahasa tutur). |
10 | Kalimat dapat panjang dan terperinci. | Kalimat singkat, padat, sederhana dan jelas. |
Kunci Jawaban Tematik Halaman 47
Ayo Berdiskusi
Bentuklah sebuah kelompok yang terdiri atas empat siswa. Gunakan kertas gambar A4 dan bagilah menjadi tiga kolom seperti di bawah ini. Diskusikan dengan teman sekelompokmu tentang iklan-iklan yang pernah dilihat/ ditonton, jenis iklan (iklan media cetak atau elektronik), dan alasan kamu mengelompokkannya dalam media tersebut.Jawab:
Nama Iklan | Media (Cetak/Elektronik (Radio atau Televisi)) | Alasan Pemilihan Media |
Iklan Indomie | Media cetak | Hanya menggunakan gambar dan tulisan |
Iklan Sprite | Elktronik (Televisi) |
|
Iklan So Klin | Media cetak | Hanya menggunakan gambar dan tulisan |
Iklan Handphone | Elektronik (Internet) |
|
Ayo Mengamati
Kamu akan mengamati temanmu memeragakan iklan yang pernah mereka lihat di televisi. Ikuti langkah-langkah berikut ini.1. PIlihlah siswa yang akan memeragakan iklan. Pastikan iklan yang dipilih adalah iklan yang menggunakan bahasa Indonesia yang benar dan iklan tersebut pantas untuk dipertunjukkan.
2. Berikan tanggapan dalam bentuk berikut ini.
- Saya pernah/tidak pernah melihat/mendengar iklan tersebut.
- Jika saya mengingat iklan tersebut, maka hal yang saya ingat adalah………………………………………………………..
- Jika saya mengingat iklan tersebut, maka hal yang paling menarik dari iklan itu adalah……………………………………………………………………………………………
Tuliskan kesimpulanmu (perhatikan tanggapanmu pada poin kedua dan ketiga).
Gunakan tanggapan tersebut sebagai bahan untuk membuat kesimpulan.
Jawab:
Jawaban disesuaikan oleh siswa dalam menuliskan informasi yang mereka temukan.
Kunci Jawaban Tematik Halaman 48
Siang itu, siswa-siswi kelas V sedang beristirahat di depan kelas.
Perhatikan percakapan mereka!
Lani: “Aduh, perutku sakit!”
Dayu: “Wah, kenapa Lan?”
Lani: “Sepertinya magku kambuh.”
Dayu: “Kemarin magku juga kambuh, Lan. Dokterku memberikan obat mag seperti yang ada di iklan televisi. Bahkan, ada obat mag yang memiliki aneka rasa. Mungkin kamu pernah meminumnya.”
Lani: “Oh, iya, aku jadi teringat! Ternyata aku memiliki obat mag yang kamu maksud di dalam tasku, Yu. Terima kasih atas perhatiannya, ya!”
Lani: “Lalu, apa kata doktermu waktu itu, Dayu? Apa yang menyebabkan mag kita kambuh?”
Masih ingat cerita Dayu dengan magnya? Coba kamu ulas kembali penyebab seseorang dapat terserang mag.
Perhatikan percakapan mereka!
Lani: “Aduh, perutku sakit!”
Dayu: “Wah, kenapa Lan?”
Lani: “Sepertinya magku kambuh.”
Dayu: “Kemarin magku juga kambuh, Lan. Dokterku memberikan obat mag seperti yang ada di iklan televisi. Bahkan, ada obat mag yang memiliki aneka rasa. Mungkin kamu pernah meminumnya.”
Lani: “Oh, iya, aku jadi teringat! Ternyata aku memiliki obat mag yang kamu maksud di dalam tasku, Yu. Terima kasih atas perhatiannya, ya!”
Lani: “Lalu, apa kata doktermu waktu itu, Dayu? Apa yang menyebabkan mag kita kambuh?”
Masih ingat cerita Dayu dengan magnya? Coba kamu ulas kembali penyebab seseorang dapat terserang mag.
Jawab:
Gejala mag yang dialami anak-anak sama dengan yang dialami orang dewasa? Pada anak-anak yang mudah memproduksi gas pada lambungnya, memiliki pantangan makanan. Misalnya, tidak boleh makan pedas dan asam. Mereka harus banyak makan sayur dan buah, serta tidak boleh terlalu banyak makan mie instan. Oleh sebab itu, anak-anak perlu terus diingatkan untuk selalu menjaga apa yang mereka makan.
Selain gangguan mag, sistem pencernaan kita dapat mengalami gangguan lainnya. Ada beberapa faktor yang menyenyebabkan gangguan tersebut, misalnya mengonsumsi makanan tidak sehat dan pola makan yang tidak teratur.
Kunci Jawaban Tematik Halaman 49
Ayo Berdiskusi
Diskusikanlah peta pikiran mengenai berbagai macam gangguan umum dari sistem pencernaan manusia. Peta pikiran tersebut harus dapat mencakup beberapa hal berikut.• Keterangan mengenai setiap gangguan sistem pencernaan.
• Penyebab gangguan tersebut.
• Gejala dari gangguan tersebut.
• Cara mengatasi gangguan tersebut.
Setelah selesai, presentasikan peta pikiran kelompokmu di depan kelas lalu pajang di tembok kelasmu.
Jawab:
Ayo Mencoba
Bekerjalah dalam kelompok. Pilihlah satu macam gangguan pencernaan.
Rancanglah poster yang menerangkan tentang gangguan pencernaan tersebut.
Isi poster tersebut harus sama dengan isi peta pikiran yang telah kamu buat sebelumnya. Namun, ukuran poster harus cukup besar. Perhatikan beberapa hal berikut
• Judul Poster:
Judul harus dapat terbaca dari jarak minimal 2 meter dan menarik perhatian.
• Informasi:
Disajikan dalam bentuk poin, tulisan harus rapih dan cukup besar agar terbaca dari jarak minimal 1 meter.
Informasi terdiri atas keterangan mengenai topik pembahasan, penyebab gangguan, gejala dari gangguan, dan cara mengatasi gangguan tersebut.
• Grafik :
Poster akan lebih menarik jika dilengkapi dengan grafik atau gambar-gambar yang memudahkan pembaca mengerti informasi yang disampaikan.
• Sumber:
Cantumkan pula sumber informasi yang digunakan.
• Refleksi:
Tuliskan pesan dan kesan mengenai tugas ini dan pelajaran yang didapat.
Apabila memungkinkan, pasang foto anggota kelompok.
Jawab:
Jawaban disesuaikan oleh siswa dalam menuliskan informasi yang mereka temukan.
Berdasarkan contoh poster di atas, diketahui bahwa diare ditandai oleh buang air besar dengan tinja encer atau berair dengan frekuensi lebih sering dari biasanya (normalnya). Oleh karena itu, orang yang mengalami diare akan lebih sering ke toilet untuk buang air besar dengan volume tinja yang lebih banyak dari biasanya. Diare dapat menjadi gejala penyakit yang lebih serius seperti disentri dan kolera. Gejala yang biasanya ditemukan adalah buang air besar terus-menerus disertai rasa mulas yang berkepanjangan, dehidrasi, mual, dan muntah.
Pemberian cairan dan elektrolit (seperti larutan garam) akan sangat membantu memulihkan keadaan tubuh yang kekurangan cairan dan elektrolit. Minum cairan oralit merupakan cara pengobatan yang paling efektif terhadap gejala diare. Apabila cairan oralit tidak tersedia, maka kamu dapat membuatnya sendiri.
Kunci Jawaban Tematik Halaman 51
Bersama dengan kelompokmu, buatlah cairan oralit
Sediakan semua bahan dan alat yang diperlukan dan ikuti langkah-langkah pembuatannya dengan cermat
Bahan-bahan yang dibutuhkan:
1. ½ sendok teh garam
2. 6 sendok teh gula pasir
3. 1 liter air hangat
4. Pisang secukupnya untuk menambah kalium dan rasa
Cara pembuatan:
1. Larutkan gula dan garam dalam air hangat.
2. Pisang dapat dilumatkan secukupnya atau dicampur atau dimakan begitu saja.
Buatlah laporan percobaan sederhana dan tuliskan juga manfaat dari larutan oralit yang kamu buat!
Jawab:
Laporan Percobaan Pembuatan Larutan Oralit | ||
Judul Laporan | : | Laporan Percobaan Pembuatan Larutan Oralit |
Tujuan Laporan | : | Mengetahui proses pembuatan larutan oralit |
Alat dan Bahan | : |
|
Langkah percobaan | : |
|
Kesimpulan | : | Larutan oralit oralit dibuat dengan cara mencampur gula, garam, dan air hangat. Oralit merupakan cara pengobatan yang paling efektif terhadap gejala diare. |
Larutan Oralit dengan cara pembuatan yang sederhana mampu mencegah timbulnya dehidrasi. Oralit merupakan cairan yang mudah dibuat jika terkena dehidrasi misalnya pada penderita diare (mencret).
Oralit merupakan larutan yang sangat penting bagi penderita diare. Larutan ini berfungsi untuk mencegah dehidrasi atau kekurangan air dan mineral. Dehidrasi yang terjadi pada penderita diare akan sangat berbahaya karena dapat memperparah keadaan bahkan hingga menyebabkan kematian.
Terimakasih sudah membaca artikel ini, semoga Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 3 Subtema 2 Halaman 46, 47, 48, 49, 51 yang saya share pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk rekan-rekan guru yang mengajar dan para pembaca. Salam